4.981 Mahasiswa Baru Ikuti PBAK 2022 UIN SATU Tulungagung

Kontributor:

Tulungagung – Sebanyak 4981 mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung ikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2022. Sesuai rencana, PBAK akan dilaksanakan dalam dua bagian, yakni PBAK Universitas pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2022 dan PBAK Fakultas pada tanggal 18 dan 19 Agustus 2022. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag..
Rektor UIN SATU Tulungagung, Maftukhin dalam sambutannya saat upacara pembukaan PBAK 2022 mengucapkan selamat datang kepada segenap mahasiswa baru UIN SATU Tulungagung angkatan 2022. Guru Besar bidang Filsafat ini bercerita tentang sejarah dirintisnya UIN SATU Tulungagung pada tahun 1966 oleh para ulama dan tokoh masyarakat pada waktu itu. Saat itu kampus ini masih bernama SP IAI Singo Leksono dan bertempat di kawasan Kelurahan Kampung Dalem Kecamatan Tulungagung. 

Selain itu Rektor juga menceritakan bahwa dari sejarahnya Kabupaten Tulungagung bukanlah daerah yang punya sejarah politik, bukan pula daerah yang menjadi pusat pemerintahan, melainkan Kabupaten Tulungagung ini dulunya adalah daerah tempat berkumpulnya para resi atau orang-orang suci serta tempatnya orang menempa ilmu pengetahuan. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya situs-situs seperti Candi Gayatri sebagai petilasan permaisuri Raden Wijaya, raja Kerajaan Majapahit yang akhirnya menjadi biarawati yang dipercaya menjadi guru dua pujangga besar Majapahit, Empu Prapanca dan Empu Tantular yang melahirkan kitab Sutasoma dan Kutaramanawa.
Selain itu menurut Rektor, di kawasan selatan Kabupaten Tulungagung ditemukan juga situs Garuda Moka yang merupakan kendaraan dari Dewa Wisnu. Garuda Moka adalah patung yang mengilhami Soekarno dalam menggambarkan Garuda sebagai lambang negara.
“Oleh sebab itu, tidak salah kalian untuk belajar di UIN SATU Tulungagung, karena Tulungagung dari sejarahnya adalah memang daerah untuk menuntut ilmu,” kata Rektor.
Selain itu Rektor juga mengatakan bahwa para mahasiswa UIN SATU Tulungagung yang masih kurang ilmu agamanya tidak perlu khawatir. Yang belum bisa baca tulis Al-Qur’an juga tidak perlu khawatir. Karena di UIN SATU Tulungagung, ada program Madrasah Diniyah setiap pagi mulai hari Senin sampai dengan Kamis.
Di bagian akhir sambutannya Rektor berpesan kepada para mahasiswa baru untuk menjaga kesehatan. Karena bagaimanapun juga mereka adalah masa depan bangsa Indonesia. Mereka adalah penjaga peradaban Nusantara.
“Sebagaimana yang dicita-citakan oleh UIN SATU Tulungagung, yakni menjadi orang mukmin dan orang yang memiliki pengetahuan. Mukmin dalam artian menjadi orang-orang yang memiliki pengetahuan agama yang beriman,” kata Rektor.
Setelah sambutan Rektor, secara resmi PBAK 2022 dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Rektor UIN SATU Tulungagung Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag..
Upacara pembukaan PBAK UIN SATU Tulungagung 2022 selengkapnya juga dapat disaksikan di Channel Youtube UIN SATU Tulungagung.(sin)
Skip to content