A. PENGAJUAN SURAT
Mahasiswa yang bermaksud mengajukan berbagai surat keterangan (Keterangan Aktif, Keterangan Lulus, daln surat lainnya) dapat diajukan melalui laman https://bit.ly/pengajuan-suratbak
B. UNDUH SURAT YANG TELAH JADI/SELESAI
Layanan persuratan diberikan secara elektronik. Dokumen Surat Keterangan yang telah selesai diproses dapat diunduh pada laman https://bit.ly/unduh-surat
(Dokumen/surat telah ditandatangani secara resmi dengan tanda tangan elektronik, sehingga cukup dicetak atau langsung digunakan dalam bentuk softfile dan tidak perlu stempel, tanda tangan manual/tangan serta tidak perlu legalisir).
D. PROSEDUR PENGAJUAN CUTI STUDI
- Mahasisiswa dapat mengajukan cuti studi dengan ketentuan sebagai berikut:
- Mahasiswa dapat mengajukan cuti studi jika telah aktif selama 2 semester berturut turut.
- Maksimal dapat memperoleh izin cuti selama studi maksimal 2 semester.
- Mahasiswa mengajukan cuti melalui aplikasi smartcampus.
- Selain pengajuan pada aplikasi smartcampus, mahasiswa juga harus mengunggah form pengajuan cuti pada laman https://bit.ly/pengajuan-cuti-uin. Adapun form dapat diunduh dengan klik di sini.
- Mahasiswa menyerahkan permohonan cuti berupa hardfile, di Subbag Layanan Akademik Form pengajuan cuti studi.
- Mahasiswa mengunduh surat keterangan izin cuti studi pada: https://bit.ly/unduh-surat.
- Mahasiswa juga harus menyerahkan surat keterangan izin cuti studi ke Bendahara Penerimaan (bagian keuangan)
C. PERBAIKAN PDDIKTI
Bagi mahasiswa dan alumni yang mengalami ketidaksesuaian data pada ijazah/transkip akademik dengan data pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI), silakan mengajukan perbaikan pada: https://forms.gle/Cu3sbdFtTgtq8cXCA.
E. PROSEDUR PENGAMBILAN IJAZAH
Prosedur Pengambilan ijazah sebagai berikut:
- Mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dapat mengambil Ijazah jika memenuhi syarat sebagai berikut:
___a. Telah mengikuti kegiatan wisuda.
___b. Telah mengisi tracer study pada laman: https://tracer.uinsatu.ac.id/.
___c. Telah menyelesaikan seluruh kewajiban/tanggungan di Pusat Perpustakaan, meliputi:
______1) Mengunggah file tugas akhir secara mandiri di repositori pada laman: http://repo.uinsatu.ac.id/.
______2) Melakukan konfirmasi selesai unggah file tugas akhir ke email: [email protected]
______3) Menyerahkan naskah tugas akhir (hardfile) dalam format buku ukuran A5, dengan warna cover polos sebagai berikut:
_________a) FASIH : berwarna hitam (kode gradasi #000000)
_________b) FTIK : berwarna kuning (kode gradasi #ffc40e)
_________c) FUAD : berwarna biru (kode gradasi #0d589c)
_________d) FEBI : berwarna ungu (kode gradasi #7a4c8c)
_________e) Pascasarjana : berwarna merah (kode gradasi #c8202a)
_________Contoh warna dapat dicek pada laman: https://encycolorpedia.com/.
______4) Telah menyelesaikan seluruh tanggungan di perpustakaan (SLiMS).
___d. Telah menyelesaikan seluruh kewajiban di Fakultas/Pascasarjana/Program Studi, meliputi:
______1) Menyerahkan naskah tugas akhir (hardfile) dalam format buku ukuran A5, sebagaimana diserahkan ke Pusat Perpustakaan;
______2) Menyerahkan sumbangan buku referensi yang berkaitan dengan program studi.
___e. Khusus program doktor, telah menerbitkan artikel ilmiah pada jurnal internasional. - Mahasiswa dapat mengecek ijazahnya pada laman: https://akademik.uinsatu.ac.id/ijazah/ dengan cara login menggunakan username dan password sebagaimana di smartcampus.
- Mahasiswa dapat mengambil ijazah ke Subbagian Layanan Akademik di Gedung Rektorat pada hari kerja dengan menunjukkan bukti bahwa seluruh persyaratan telah divalidasi oleh masing-masing unit.