4902 Mahasiswa Baru Ikuti PBAK 2017 IAIN Tulungagung

Kontributor:

Tulungagung – Sejak pagi-pagi sekali sebelum jam 06.00 WIB pada Senin (14/08/2017) depan kampus IAIN Tulungagung sudah tampak berjubel mahasiswa baru berpakain merah putih. Mereka bergilir untuk memasuki area kampus IAIN Tulungagung guna mengikuti Pekan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) atau yang sebelumnya dikenal dengan sebutan OPAK.

Ada 4902 mahasiswa baru yang sedianya mengikuti PBAK yang dibuka langsung oleh Rektor IAN Tulungagung. Jumlah tersebut adalah keseluruhan mahasiswa baru dari 4 fakultas atau 33 jurusan yang lolos dari jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan juga dari SPMB Mandiri.

Setelah memasuki halaman IAIN Tulungagung para peserta PBAK kemudian sarapan pagi bersama dan kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan.

Wakil Rektor II IAIN Tulungagung, Nur Effendi selaku Ketua Panitia dari pihak Institut dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan PBAK ini sebelumnya disebut dengan OPAK. Namun dengan adanya beberapa pertimbangan, OPAK pada tahun 2017 ini berganti nama menjadi PBAK. Meskipun demikian, maksud dan tujuannya kurang lebih sama, yakni untuk memperkenalkan bagaimana kehidupan di dalam kampus baik itu dalam hal akademik maupun non-akademik.

Sementara itu, Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru IAIN Tulungagung. Rektor berharap supaya para mahasiswa baru bisa mengikuti PBAK dari awal hingga akhir kegiatan.

“Tolong anda ikuti kegiatan ini sampai tuntas, biar nanti pada saat mengikuti proses belajar di kampus ini anda tidak bingung”, kata Rektor.

Selain itu, Rektor mewanti-wanti kepada para mahasiswa baru, supaya selama belajar di kampus ini dijalani dengan baik dan serius serta mentaati tata tertib yang ada. Mahasiswa juga dihimbau untuk menjauhi narkoba dan aktivitas-aktivitas organisasi yang bertentangan dengan Pancasila.

Rektor juga menegaskan, bahwa tidak ada toleransi bagi mahasiswa yang kedapatan mengonsumsi narkoba atau bahkan mengedarkannya. Juga bagi mereka yang terlibat organisasi yang bertentangan dengan Pancasila dan NKRI. Mereka pasti akan kami keluarkan, karena tidak hanya melanggar tata tertiba kampus, melainkan juga melanggar hukum yang berlaku.

Setelah menyampaikan sambutannya, Rektor kemudian membuka acara PBAK. Acara pembukaan kemudian ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum (FASIH), H Asmawi. Adapun acara PBAK tahun ini akan dilaksanakan sampai dengan hari Kamis (17/08/2017) yang dibagi menjadi dua bagian, yakni 2 hari pertama PBAK Institut dan setelah itu dilanjutkan PBAK Fakultas. (humas)

Skip to content