Adakan Seminar Enterpreneur, FEBI Undang Dinas Koperasi dan UMKM Jatim

Kontributor:

(Tulungagung) Sebagai rangkaian Pekan Seni dan Kreatifitas Mahasiswa (PSKM) 2015, pada Rabu pagi, 11 Maret 2015 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Tulungagung menggelar Seminar Entrepreneur. Seminar yang digelar di Aula IAIN Tulungagung tersebut mengambil tema “Membangkitkan Semangat Entrepreneur Kaum Muda Berbingkai Syari’ah Demi Menyongsong Ekonomi Global”.

Hadir dalam seminar tersebut, tiga narasumber, yakni Dedi Prasetyo, S.T, S.H, M.H, Manajer Klinik Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur, Mohammad Andrew Fahrudin dari Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Jawa Timur. Selain itu juga hadir sebagai narasumber ahli ekonomi Islam IAIN Tulungagung, Dr. Agus Eko Sujianto, SE.

Dekan FEBI IAIN Tulungagung, H. Dede Nurrohman, M.Ag dalam sambutannya mengapresiasi positif kegiatan tersebut. Pasalnya dengan pengetahuan yang lebih mengenai UMKM dan juga tentang koperasi, maka mahasiswa FEBI bisa mengambil peran dalam perekonomian. Baik itu melalui pengembangan enterpreneur dan bagaimana mengembangkan koperasi.

“Dalam seminar ini kan juga dibahas mengenai koperasi, dan pada prinsipnya koperasi itu dari sejarahnya adalah sebuah bentuk perlawanan terhadap dominasi pemilik modal. Kemudian Bung Hatta mengadopsinya karena dipandang sesuai dengan semangat gotong royong dan kebersamaan masyarakat Indonesia. Jika melihat dari sisi ini boleh dikatakan bahwa koperasi sangat syari’ah karena mengutamakan kebersamaan dalam membangun sebuah perekonomian”, terang H. Dede Nurrohman, M.Ag..

Sekilas mengenai jalannya seminar, para narasumber menekankan pada upaya-upaya yang bisa dilakukan dalam pengembangan usaha kecil dan bagaimana berkoperasi. Para narasumber juga mengulas bagaimana dalam mengintip peluang usaha, bagaimana cara mudah mendapatkan akses permodalan dan peran koperasi dalam membangun pasar. Intinya adalah bahwa dalam menyambut ekonomi global, UMKM sangat diperlukan dalam pertahanan ekonomi. Dan koperasi adalah salah satu penopang yang begitu besar perannya.

Skip to content