Bekerjasama dengan PERWOSI dan FOPI, IAIN Tulungagung Gelar Pelatihan Petanque

Kontributor:

Tulungagung – Bekerjasama dengan Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) Kabupaten Tulungagung dan Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kabupaten Tulungagung, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung menggelar Pelatihan Olahraga Petanque pada Senin (16/12/2019). Acara tersebut dibuka di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat IAIN Tulungagung.

Ketua Pengurus FOPI Kabupaten Tulungagung yang juga Wakil Rektor I IAIN Tulungagung, Abd. Aziz dalam sambutannya saat acara pembukaan menyampaikan selamat datang dan terimakasih atas kedatangan rombongan dari PERWOSI Kabupaten Tulungagung. Apalagi Ketua PERWOSI Tulungagung, Ibu Bupati Tulungagung, Siyuk Maryoto Birowo juga hadir langsung mendampingi rombongan tersebut.

Dalam sambutannya, Abd. Aziz juga menyampaikan tentang sejarah berdirinya FOPI di Tulungagung. Hadirnya olahraga tersebut di Kabupaten Tulungagung diawali dengan pengenalan olahraga tersebut pada tahun 2017 kepada mahasiswa IAIN Tulungagung. Dalam hal ini dirintis oleh salah satu dosen olahraga IAIN Tulungagung, Adi Wijayanto bersama Abd. Aziz yang pada saat itu masih menjabat sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung.

 “Melihat perkembangan dan prestasi yang diraih oleh pegiat petanque pada saat itu akhirnya kami bentuk FOPI Kabupaten Tulungagung untuk mengorganisir dan mengembangkan olahraga tersebut,” kata Abd. Aziz.

Adapun dalam struktur organisasi tersebut menjabat sebagai Ketua Harian adalah Adi Wijayanto; Ketua Umum, Abd. Aziz dan sebagai penasehat adalah Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin. Organisasi tersebut di bawah naungan KONI Kabupaten Tulungagung dengan ditandai turunnya SK dari KONI Kabupaten Tulungagung pada 24 Januari 2018.

“Kami berharap dengan adanya acara ini, olahraga petanque bisa semakin berkembang dan menorehkan prestasi terbaik bagi Kabupaten Tulungagung,” kata Abd. Aziz yang juga mewakili Rektor dalam acara tersebut sebelum mengakhiri sambutannya.

Sementara itu Ketua PERWOSI Kabupaten Tulungagung, Siyuk Maryoto Birowo dalam sambutannya merasa berterimakasih telah diberikan kesempatan oleh pihak FOPI dan IAIN Tulungagung bekerjasama sekaligus menyediakan tempat berlatih petanque.

Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini sebenarnya adalah merupakan upaya penyiapan PERWOSI Kabupaten Tulungagung untuk mengikuti turnamen petanque yang diselenggarakan oleh PERWOSI Jawa Timur 2020 mendatang. Hal ini karena PERWOSI Kabupaten Tulungagung didorong oleh Ketua PERWOSI Jatim, Arumi Bachsin supaya ikut berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut. FOPI Kabupaten Tulungagung pun juga diminta untuk ikut membina dan menyiapkan tim yang akan dikirim dalam kejuaraan tersebut.

“Sekali lagi kami sampaikan terimakasih kepada pihak FOPI Kabupaten Tulungagung dan juga IAIN Tulungagung untuk terselenggaranya acara ini. Dan dengan mengucap Bismillahirrahmaanirrahim acara pelatihan olahraga petanque ini saya nyatakan dibuka,” kata Siyuk sebelum mengakhiri sambutannya sekaligus membuka acara.

Setelah acara pembukaan dan materi teori yang dilakukan di Aula Lantai 3 Rektorat acara kemudian dilanjutkan dengan praktek di Lapangan Petanque IAIN Tulungagung yang terletak di timur Gedung Pascsarjana IAIN Tulungagung. Adapun peserta adalah dari para istri pejabat di lingkungan Pemkab Tulungagung dan istri camat dari 19 kecamatan yang ada di IAIN Tulungagung diharapkan nantinya bisa mensosialisikan olahraga tersebut di instansi masing-masing.

Perlu diketahui bahwa sejak berdirinya FOPI Kabupaten Tulungagung, sudah ada beberapa prestasi regional hingga nasional yang diraih. Prestasi tersebut antara lain: Juara 2 / Perak  Shooting Man di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV 2019) di Bojonegoro, Juara 2 Shooting Man di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) 2018 di Probolinggo, Juara 2 Double Women di Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) 2018 di Probolinggo, Juara 2 Single Man di Kejurda Petanque 2017 di Surabaya, Juara 3 Triple Men POMNAS 2017 di Makassar Sulawesi Selatan, Juara 3 Double Men POMNAS 2017 di Makassar Sulawesi Selatan. (humas/sin)

Skip to content