Bupati Tulungagung Berharap IAIN Tulungagung Segera Menjadi UIN

Kontributor:

Jakarta – Upaya IAIN Tulungagung untuk bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Tulungagung. Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menyampaikan dukungan ini secara langsung di hadapan Menteri Agama Republik Indonesia di Jakarta pada Jum’at (21/08/2020).

“Kami berharap IAIN Tulungagung bisa segera jadi UIN, Pak Menteri,” pinta Maryoto Birowo, dalam sambutannya sebagai kepala daerah yang berkontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam di daerahnya.

Keberadaan IAIN Tulungagung sangat berarti bagi Kabupaten Tulungagung. Meski secara geografis Kabupaten Tulungagung berada di daerah Selatan Jawa Timur, namun daerah ini memiliki perguruan tinggi negeri yang besar dan diakui di tingkat nasional.


“Tulungagung merupakan Kabupaten paling selatan di Jawa Timur. Meski begitu kami sangat bangga dengan adanya IAIN Tulungagung yang mampu menembus mahasiswa pendaftar terbanyak se-Indonesia, sehingga sudah layak berubah menjadi UIN Tulungagung,” ujar Maryoto.

Selama ini hubungan yang baik terjalin antara IAIN Tulungagung dan Pemerintah Kabupaten Tulungagung, khususnya saat proses alih status IAIN menjadi UIN, Bupati Tulungagung turut hadir langsung dan menyatakan siap untuk mendampingi IAIN Tulungagung berubah statusnya menjadi UIN.

Menteri Agama Fachrul Razi, Jumat (21/08) malam, memberikan penghargaan kepada para Kepala Daerah yang dinilai peduli terhadap perkembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian FGD Kelulusan Ujian Masuk PTKIN Tahun 2020 yang dihadiri para rektor/ketua dari 58 PTKIN di Indonesia. Disampaikan Menteri Agama, perkembangan pendidikan keagamaan di seluruh penjuru tanah air perlu ditopang oleh keberpihakan kepala daerah secara berkelanjutan.

“Semakin Kepala Daerah memiliki keberpihakan yang besar pada pendidikan keagamaan maka hampir bisa dipastikan pendidikan keagamaan mengalami perkembangan yang luar biasa membanggakan,” Kata Fachrul Razi di Jakarta, Jumat (21/08/2020).(lil/yuz)

Skip to content