Cabang Lomba Pop Islami IPPBMM VI Tarik Antusiasme Penonton

Kontributor:

Tulungagung–Ratusan mahasiswa IAIN Tulungagung memadati sekitar panggung lomba bernyanyi bernuansa Pop Islami yang berlangsung pada Selasa(03/05) di halaman Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Para mahasiswa dan peserta antusias dalam mengikuti proses lomba pada kali ini meski cuaca pada siang hari begitu terik. Lomba Pop Islami adalah salah satu cabang dari Invitasi Pekan Pengembangan Bakat dan Minat Mahasiswa se-Jawa 2016 yang cukup menarik perhatian mahasiswa.

Lomba Pop Islami yang berlangsung kali ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dengan diikuti oleh 15 Perguruan Tinggi Negeri Keagamaan Islam Negeri se-Jawa. Dalam teknisnya, panitia mengatakan bahwa satu Perguruaan Tinggi Keagamaan Islam Negeri mengirim satu delegasi untuk mengikuti acara lomba ini. Peserta dapat diikuti oleh putra ataupun putri. Peserta yang mengikuti lomba Pop Islami kali ini didominasi oleh peserta perempuan, hal ini terbukti dari perbedaan jumlah para peserta, dari 15 peserta terdapat 12 perempuan dan 3 laki-laki.

Sedangkan mengenai lagu yang dinyanyikan para peserta telah ditentukan oleh panitia, “Dari beberapa peserta ada yang sudah menyiapkan alunan dari rumah masing-masing. Jadi memang kita membebaskan, yang kita nilai adalah kualitas suaranya. Lagu yang dinyanyikan sudah kita tentukan, ada lagu wajib ada lagu pilihan. Untuk babak penyisihan ini peserta hanya boleh menyanyikan lagu wajib saja.” Ujar Nurul Amin selaku koordinator seksi lomba Pop Islami.

Lomba yang berlangsung hari ini adalah salah satu dari serangkaian acara yang berlangsung. Hari ini adalah babak audisi yang mana dari 15 peserta yang sudah tampil akan di ambil 8 peserta yang masuk ke babak final. Di babak final masing-masing penyanyi menyanyikan satu lagu wajib dan satu lagu pilihan, dan dibabak final nanti masing-masing penyanyi menyanyikan dua lagu yang juga ditentukan panitia, semua lagu bernuansa Pop Islami.

Dihari kedua (4/5) delapan peserta yang lolos menampilkan performa yang sangat baik. Masing-masing peserta yang tampil adalah Nurul Assyifa, Dikta Pentasya, Desy Qudsya Qolbi, Ali Islami, Ira Noviera, Hamdan Nur Rokhim, Dwi Arum Puspitasari, dan Intan Nur Oktaviani. Diawali dengan peserta asal UIN Sunan Gunung Djati, Desy. Dan diikuti oleh penampilan peserta lainnya hingga sekitar pukul 12.00 WIB setelah sebelumnya sudah diumumkan pemenangnya. Masing-masing pemengan tiga besarnya adalah Nurul Assyifa dari IAIN Banten dengan skor 240, Dikta Pentasya dari UIN Sunan Ampel dengan skor 255, dan dimenangkan oleh Desy Qudsia Qolbi dari UIN Bandung dengan skor 275.

Acara yang berlangsung pada siang hari ini cukup meriah dan semarak. Desy Qudsia Qolbi, peserta asal UIN Sunan Gunung Djati yang juga sebagai pemenang menanggapi Lomba Pop Islami dengan baik, ”Saya senang, apalagi sambutan dari masyarakat Jawa, khususnya Tulungagung ramah. Kita sebagai tamu merasa disambut dengan baik alhamdulillah”, kata Desy. (kpiteam)

Skip to content