Dalam Wisuda ke-40, Wisudawan Internasional Ungkap Bangga Jadi Alumni UIN SATU

Kontributor:

Tulungagung—Mewakili para wisudawan-wisudawati dalam Wisuda ke-40 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung), wisudawati internasional asal negeri jiran Thailand, Nurhareesa Sohoh mengungkapkan rasa bangganya sebagai alumni kampus ini pada Kamis (18/07/2024) di Halaman Gedung KH Arief Mustaqiem UIN SATU Tulungagung.

“Saya saat ini sangat bangga menjadi salah satu lulusan UIN SATU Tulungagung. Dari lubuk hati yang mendalam, saya mengucapkan jutaan terima kasih kepada Rektor UIN SATU serta jajarannya, yang mana telah memberi beasiswa kepada kami anak Patani Selatan Thailand. Kami berjanji akan membawa nama baik UIN SATU Tulungagung hingga kami pulang di kampung halaman, tanah air yang kucintai Patani,” ujar Nurhareesa.

Mahasiswa asal Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) ini dalam sambutannya sebagai wakil wisudawan-wisudawati juga menyampaikan rasa syukur dan kebahagian karena dapat menempuh pendidikan di Indonesia, tepatnya di UIN SATU Tulungagung.

“Saya termasuk orang yang beruntung karena Allah menakdirkan saya belajar dan merantau di luar negeri yaitu Indonesia. Bagaimana ketika pertama kali tidak bisa berkomunikasi dalam bahasa Indonesia atau bahasa Jawa. Dan beruntungnya pula, saya bisa belajar di perguruan tinggi yaitu UIN satu Tulungagung, padahal saat itu banyak pilihan Universitas. Mungkin kita berjodoh,” kata Nurhareesa.

Sementara itu, sebelumnya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama UIN SATU Tulungagung, Prof. Abad Badruzaman menyampaikan laporan akademik terkait jumlah peserta yang diwisuda periode ini. Disebutkannya ada sebanyak 1.200 wisudawan dengan perincian Program Sarjana S1 sejumlah 1.112 mahasiswa meliputi 125 mahasiswa dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH), 504 mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), 288 mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), dan 195 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Sedangkan, pada Pascasarjana Program Magister terdapat 86 mahasiswa, Program Doktor S3 sebanyak 2 mahasiswa. Selain itu, dilaporkan pula UIN SATU juga mewisuda mahasiswa peraih beasiswa LPDP, beasiswa Indonesia Bangkit dari program studi Manajemen Pendidikan Islam sebanyak 21 mahasiswa.

Mewakili segenap jajaran pimpinan di UIN SATU Tulungagung, Wakil Rektor mengucapkan selamat kepada segenap wisudawan dan wisudawati.

“Amalkan ilmu yang sudah diperoleh untuk menjalani kehidupan di masyarakat. Semoga ilmu yang diperoleh senantiasa mendapat keberkahan dan manfaat, Aamiin ya Rabbal alamin,” ujar Prof. Abad.

Sementara itu, Rektor UIN SATU, Prof. Abd Azis dalam sambutannya menyampaikan bahwa UIN SATU Tulungagung telah menyumbangkan sebanyak 36.121 lulusan, dari wisuda ke-39, 40, dan 41 (yang akan datang).

“UIN SATU Tulungagung pada bulan Juli ini telah melaksanakan wisuda, terakhir besok Sabtu (wisuda ke-41), berarti UIN SATU telah meluluskan 36.121 Wisudawan. Ini angka yang tidak sedikit. Mudah-mudahan seluruh wisudawan dan wisudawati ilmunya manfaat, dan juga mudah-mudahan menemui kesuksesan di akhir kelak,” kata Rektor.

Prof. Abd Aziz berharap kepada seluruh peserta wisuda agar mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan derajat yang tinggi seperti yang dijanjikan Allah dalam Surat Al Mujadalah ayat 11.

“Wisuda ini adalah awal perjalanan saudara. Berdoalah saudara, karena setiap kali saya memindahkan kuncir saudara, saya usahakan selalu membaca Barakallah. Semoga saudara di ridhoi Allah SWT. Saya kepingin mulai saat ini sampai dengan akhir, Saudara mendapatkan sesuatu yang telah dijanjikan oleh Allah,” ungkap Prof. Abd. Aziz.

Di akhir sambutannya, Prof. Abd Aziz menyampaikan ucapan selamat kepada para wali wisuda yang telah berhasil mengantar putra-putrinya meraih gelar.

“Mudah-mudahan nanti semuanya sukses dan tidak lama lagi menunggu jodohnya. Saya ucapkan selamat kepada para wali wisudawan dan wisudawati yang sukses mengantarkan putra putrinya menempuh pendidikan,” kata Prof. Abd Azis.

Editor: Muhlasin
Photographer: Muhlasin
Skip to content