Halal Bihalal dan Pengambilan Sumpah Jabatan PNS IAIN Tulungagung

Kontributor:

(Tulungagung) Rabu, 6 Agustus 2014 adalah hari bersejarah bagi civitas akademika IAIN Tulungagung. Tepat pada hari ini setahun yang lalu STAIN Tulungagung beralih status menjadi IAIN Tulungagung. Bertepatan dengan momen bersejarah itu, IAIN Tulungagung menyelenggarakan Halal Bihalal yang dirangkai dengan pengambilan Sumpah Jabatan PNS, dan penyerahan SK CPNS baru. Rangkaian acara tersebut diselenggarakan di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat IAIN Tulungagung. Hadir dalam acara tersebut seluruh civitas akademika IAIN Tulungagung. 
Dalam acara pengambilan sumpah jabatan PNS, terdapat sepuluh Pegawai Negeri Sipil, baik tenaga pendidik 

maupun tenaga kependidikan yang diambil sumpahnya. Sedangkan CPNS baru yang menerima SK CPNS berjumlah 28 orang, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan.
Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin dalam sambutannya menegaskan bahwa PNS maupun CPNS harus meletakkan pengabdian kepada institusi di atas segalanya. “Komitmen PNS maupun CPNS terhadap institusi adalah ruh pengabdian”, tegas Dr. Maftukhin. “Komitmen itu dibangun terhadap institusi IAIN Tulungagung dan Kementerian Agama pada khususnya, maupun Negara Kesatuan Republik Indonesia pada umumnya,” lanjut Dr. Maftukhin melanjutkan.
Dalam acara Halal Bihalal, Dr. Agus Zainul Fitri, M.Pd. bertindak sebagai penceramah. Dalam ceramahnya, Dr. Agus menegaskan bahwa yang paling penting saat ini adalah uswatun hasanah bukan sekadar mauidhoh hasanah. “Sekarang, banyak orang yang bisa menyampaikan nasihat, tetapi tidak mampu memberikan contoh atau berperilaku yang baik bagi orang lain,” tegas dosen Fakultas FTIK IAIN Tulungagung ini. 
Dalam momen Halal Bihalal ini, Dr. Agus juga menegaskan bahwa kita harus mengambil hikmah dari peringatan halal bihalal ini. “Halal bihalal berasal dari halala yang bermakna cair atau menjadi cair. Dengan pemahaman ini, halal bihalal dimaknai mencairkan kebekuan”, lanjut Dr. Agus. Momennya pun tepat, hajat politik berupa Pilpres seolah telah membekukan suasana persaudaraan rakyat Indonesia. Dengan halal bihalal diharapkan kebekuan suasana persaudaraan itu kembali mencair dan semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 
Acara Halal bihalal dan pengambilan sumpah jabatan PNS diakhiri dengan bersalaman seluruh civitas akademika IAIN Tulungagung. Tepat pukul 12.00 WIB acara berakhir yang dipungkasi dengan doa penutup.
Skip to content