IAIN Tulungagung Kembali Terima Mahasiswa Asal Thailand

Kontributor:

(Tulungagung) Mulai hari ini bertambah lagi mahasiswa asas Pattani – Thailand yang masuk di IAIN Tulungagung. Hal tersebut ditandai dengan serah terima yang dilakukan oleh salah satu Lembaga Pendidikan Islam yang ada di Pattani – Thailand kepada pihak IAIN Tulungagung pada Jum’at Pagi, 15 Mei 2015.

Dalam acara seremonial yang dilaksanakan di Lantai 3 Gedung Rektorat IAIN Tulungagung, sekitar 18 mahasiswa diberikan arahan baik itu dari pihak IAIN Tulungagung maupun Arrunsad Witya School yang merupakan lembaga pendidikan dari Pattani – Thailand sebagai asal sekolah calon mahasiswa dari Thailand tersebut.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag. mengatakan, bahwa pihaknya berharap supaya 18 mahasiswa tersebut bisa kerasan dan sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu di IAIN Tulungagung, sehingga setelah 4 tahun di IAIN Tulungagung dan pulang ke Thailand bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat mereka.

“Banyak kakak-kakak kalian yang sudah terlebih dulu di IAIN Tulungagung, dan bila ada sesuatu kendala atau persoalan mereka akan siap membantu kalian”, tambah Dr. Maftukhin, M.Ag.

Dijelaskan pula oleh Rektor IAIN Tulungagung, bahwasanya tidak banyak hal yang berbeda di Pattani dengan di Tulungagung, karena memang dari sejarahnya memang Pattani dengan Indonesia sudah menjalin hubungan dan bahkan pernah menjadi satu kekuasaan pada masa Kerajaan Majapahit 500 tahun yang lalu, sehingga secara kultur ada beberapa kemiripan. Begitupun dalam persoalan kehidupan beragama yang dalam hal ini Islam, tidak ada perbedaan yang jauh.

“Cobalah untuk bisa senyaman mungkin dan maksimal dalam belajar di IAIN Tulungagung ini, supaya nantinya tidak rugi datang jauh-jauh dari Thailand. Untuk keamanan, percayalah bahwa Tulungagung merupakan bagian dari Indonesia yang tergolong aman”, ujar Rektor.

Dari pihak Thailand, Ustadz Husni, selaku salah satu perwakilan dari Arrunsad Witya School dalam sambutannya mengatakan, bahwa pihaknya mengaku sangat berterimakasih pada pihak IAIN Tulungagung yang telah berkenan menerima 18 mahasiswa asal Thailand tersebut untuk belajar di IAIN Tulungagung.

“Harap kalian bisa belajar tekun di sini, dan bisa menyesuaikan diri dengan masyarakat Tulungagung,” kata Ustadz Husni.

Selain dilaksanakan pengarahan terhadap 18 mahasiswa baru asal Thailand di IAIN Tulungagung, agenda tersebut juga sekaligus memberikan pengarahan terhadap 40 mahasiswa IAIN Tulungagung yang hendak melaksanakan KKN-PPL terpadu di Pattani Thailand. Rencananya 40 mahasiswa tersebut akan diberangkatkan ke Thailand pada 18 Juni yang akan datang. (humas)

Skip to content