IAIN Tulungagung Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila

Kontributor:

Tulungagung – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2019, segenap civitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung melaksanakan upacara bendera pada Sabtu pagi (01/06/2019). Dihadiri kurang lebih 400 orang, upacara tersebut dimulai pukul 07.00 WIB dan bertempat di Lapangan Utama IAIN Tulungagung.

Bertugas sebagai pembina upacara adalah Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin. Dalam amanatnya, Rektor mengingatkan kembali secara singkat tentang sejarah lahirnya Pancasila. Dikatakannya, Pancasila itu merupakan hasil perenungan para pendiri bangsa dan digali dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Meskipun demikian, saat ini Pancasila sedang diserang dari segala penjuru oleh beberapa pihak dan kelompok yang ingin mengganti ideologi Pancasila.

Dan ini merupakan tantangan bagi segenap elemen bangsa Indonesia untuk tetap menjaga keberadaannya dimana selama 73 tahun Pancasila telah menjaga persatuan dan tegaknya Negara Kesatauan Republik Indonesia di tengah keberagamannya.

Maka dari itu, dengan terselenggaranya upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila ini, Rektor berharap bisa membangkitkan kesadaran segenap civitas akademika IAIN Tulungagung untuk ikut berperan aktif dalam menjaga Pancasila, yaitu dengan cara memahami dan melaksanakan nilai-nilai spiritualitas Pancasila pada kehidupan sehari-hari baik itu dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Mari kita semua terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.” kata Rektor sebelum mengakhiri amanatnya. (humas/sin)

Skip to content