IAIN Tulungagung Laksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke-74

Kontributor:

Tulungagung – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung pada Sabtu pagi (17/08/2019) menggelar upacara bendera. Upacara yang biasa disebut sebagai peringatan detik-detik proklamasi ini digelar di Lapangan Parkir Timur IAIN Tulungagung. Peserta upacara terdiri atas pejabat, pegawai serta ribuan mahasiswa di IAIN Tulungagung.

Dalam upacara peringatan detik-detik proklamasi tersebut, bertugas sebagai pembaca teks proklamasi adalah Wakil Rektor I, Abd. Aziz. Sedangkan sebagai inspektur upacara adalah Rektor IAIN Tulungagug, Maftukhin.

Sesuai dengan tema besar peringatan HUT RI tahun ini, yakni SDM Unggul Indonesia Maju, dalam amanatnya Rektor menyampaikan, bahwa sebagai perguruan tinggi, IAIN Tulungagung harus bisa menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas. Maka dari itu dia mengajak segenap dosen dan karyawan IAIN Tulungagung untuk mengisi kemerdekaan ini dengan kerja keras dan profesional, sehingga mahasiswa yang menjadi output IAIN Tulungagung bisa menjadi generasi unggul dan berkualitas.

Sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas menurut rektor, bukan hanya yang berilmu pengetahuan dan memiliki keunggulan pada hal-hal yang bersifat materi, namun juga memiliki nilai spiritualitas yang baik. Dan untuk mendapatkan itu semua dibutuhkan situasi yang aman dan damai. Sementara aman dan damai tersebut hanya didapat jika kita menghargai adanya perbedaan atau keberagaman.

“Oleh karena itu ke depan, kita harapkan dalam tatanan sosial tidak ada lagi yang menafikan orang yang berbeda atau yang bisa disebut intoleransi. Dan itu menjadi salah satu kunci untuk bangsa ini menjadi bangsa yang maju” kata Rektor.

Sedangkan kepada para mahasiswa, rektor meminta supaya bisa belajar dengan baik dan meraih prestasi. Selain itu, diharapkan para mahasiswa sebagai generasi penerus bisa menjadi generasi yang kreatif dan inovatif serta mampu menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi bangsa, negara serta agama.

Dalam upacara peringatan HUT RI ke-74 tersebut, dilaksanakan juga penyerahan penghargaan kepada 35 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup IAIN Tulungagung, yakni tanda kehormatan Satya Lancana Karya Satya dari Presiden RI. Penyematan tanda kehormatan tersebut dilakukan oleh Rektor didampingi beberapa pejabat di lingkungan IAIN Tulungagung.(humas/sin)

 

Skip to content