IAIN Tulungagung Launching Jurusan Hukum Tata Negara

Kontributor:

(Tulungagung) Kamis, 15 Oktober 2015 IAIN Tulungagung me-launching jurusan Hukum Tata Negara (HTN). Launching jurusan baru yang cukup diminati oleh mahasiswa tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh salah satu Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Dr. Wahiduddin Adams, SH. MA..

Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag., dalam sambutannya mengatakan, bahwa launching Jurusan HTN serta stadium general yang diisi oleh salah satu hakim MK tersebut, setidaknya akan bisa menambah motivasi dan pengetahuan bagi mahasiswa IAIN Tulungagung, khususnya mahasiswa HTN tentang hukum ketatanegaraan.

“Kita juga berharap, meski kampus IAIN Tulungagung berada di daerah pinggiran, nantinya mahasiswa HTN lulusan IAIN Tulungagung bisa berkiprah dalam bidangnya. Baik nantinya mereka menjadi praktisi hukum di instansi pemerintah maupun mungkin juga menjadi politisi, bahkan menjadi Hakim Konstitusi”, kata Rektor.

Sementara itu, Wakil Bupati Tulungagung, Maryoto Bhirowo dalam sambutan menyampaikan bahwa Pemkab Tulungagung sangat apresiatif dengan dibukanya jurusan HTN di IAIN Tulungagung. Wakil Bupati juga berharap nantinya mahasiswa HTN betul-betul serius dalam belajar di IAIN Tulungagung.

“Bagaimanapun juga, mahasiswa HTN IAIN Tulungagung, terutama mereka yang berasal dari Kabupaten Tulungagung, pastilah akan memberikan nilai lebih ketika mereka terjun di masyarakat. Sehingga dapat membantu meningkatkan kapasitas masyarakat Tulungagung, dalam hal ini di bidang hukum tata negara dan kesadaran berkonstitusi”, harap Wakil Bupati.

Sementara itu, Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Dr. Wahiduddin Adams, SH. MA. dalam stadium general-nya memberikan materi dengan judul “Pentingnya Peran Aparatur Hukum yang Cakap dan Amanah Demi Tegaknya Negara Hukum Indonesia”.

Dalam materi tersebut, secara garis besar Dr. Wahiduddin Adams, SH.MA. menekankan bahwa, tidaklah cukup sebuah peraturan dan sistem yang baik dalam sebuah negara, namun  aparatur hukum yang cakap, jujur dan amanah adalah merupakan syarat mutlak lain dalam penegakan hukum di negara hukum seperti Indonesia ini.

Adapun acara launching dan stadium general tersebut sekaligus dirangkai dengan penandatanganan MoU antara IAIN Tulungagung dengan Pengadilan Agama Trenggalek dalam rangka penyelenggaraan Pos Bantuan Hukum, Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Eks-Karesidenan Kediri, Ikatan Notaris Indonesia (INI) Eks-Karesidenan Kediri dan Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tulungagung. Hadir pula dalam acara tersebut Kapolres Tulungagung, AKBP FX Bhirawa Braja Paksa,  dan Komandan Kodim 0807, Letkol Arm Brantas Suharyo G. (humas)

Skip to content