IAIN Tulungagung Launching Program S-3 MPI

Kontributor:

(Tulungagung) Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya harapan untuk menghadirkan Program S-3 di Pascasarjana IAIN Tulungagung terwujud juga. Sabtu, 7 November 2015 IAIN Tulungagung me-launching Program S-3 tersebut di Aula Utama IAIN Tulungagung.

Acara Launching Program S-3 Program studi Manajemen Pendidikan Islam ini dirangkai dengan acara Seminar Nasional bertema “Kontribusi PTKIN dalam Kemajuan Peradaban Islam Nusantara”. Launching dilakukan oleh Sesdirjen Diktis Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Ishom Yusqi, MA. Adapun seminar nasional menghadirkan dua narasumber yakni Kasubdit Pengembangan Akademik Direktorat Diktis Kemenag RI, Dr. Muhammad Zain, M.Ag. dan salah satu guru besar di IAIN Tulungagung, Prof. Dr. Mujamil Qomar, M.Ag.

Dalam acara launching tersebut, Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag menyampaikan, bahwa pihaknya berterima kasih kepada semua pihak, terutama Kementerian Agama yang berkenan untuk memberikan kepercayaan kepada IAIN Tulungagung guna membuka Program S-3.

“Harapan kita dengan dibukanya Program S-3 di IAIN Tulungagung dapat mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan pendidikan terutama di kawasan Tulungagung dan sekitarnya, sekaligus menjadi kebanggan kampus kita bersama ini”, kata Rektor IAIN Tulungagung.

Sementara itu, Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, SE, M.Si melalui Asisten Bupati Bidang Kesejahteraan Rakyat, Drs. Arief Budiono, M.Si. , dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Tulungagung cukup mengapresiasi positif dengan dibukanya Programm S-3 di IAIN Tulungagung. Karena hal tersebut menjadi nilai tambah tersendiri dalam dunia pendidikan di Kabupaten Tulungagung.

“Ini juga menambah Kabupaten Tulungagung semakin dikenal oleh masyarakat di daerah lain, dan otomatis juga berimbas pada perekonomian masyarakat karena semakin banyaknya mahasiswa dari luar daerah yang datang ke Tulungagung.” ujar Drs. Arief Budiono, M.Si..

Di penghujung acara, Sesdirjen Diktis Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Ishom Yusqi, MA menyampaikan bahwa, diluluskannya IAIN Tulungagung untuk bisa membuka Program S-3 tak lepas dari berbagai macam pertimbangan. Kementerian Agama melihat, bahwa perkembangan IAIN Tulungagung dari tahun ke tahun memang begitu pesat, sehingga tak ada salahnya bila diberikan kepercayaan untuk penyelenggaraan Program S-3.

“Tapi kami juga berharap, supaya kepercayaan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, dan dengan S-3 Program Studi Manajemen Pendidikan Islam ini, IAIN Tulungagung bisa mencetak dan memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan Pendidikan Islam di Indonesia”, terang Prof. Dr. Ishom Yusqi, MA.

Acara launching tersebut juga dihadiri oleh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kabupaten Tulungagung, segenap Mahasiwa Pascasarjana IAIN Tulungagung, Rektor dan Ketua PTKIN di Jawa Timur, serta beberapa instansi pemerintah dan swasta dan Ormas Keagamaan di Tulungagung. Acara ditutup dengan Pemukulan Gong oleh Sesdirjen Diktis Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Ishom Yusqi, MA sbagai tanda pembukaan secara resmi  Program S-3 Manajemen Pendidikan Islam di IAIN Tulungagung. (humas)

Skip to content