IAIN Tulungagung Peringati HUT ke-75 Kemerdekaan RI dengan Menyaksikan Siaran Langsung Peringatan Detik-Detik Proklamasi

Kontributor:

Tulungagung – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di IAIN Tulungagung digelar berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya dilaksanakan dengan upacara bendera, maka pada Senin pagi ini (17/08/2020) hanya dilakukan dengan menyaksikan siaran langsung upacara peringatan detik-detik proklamasi yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta.

Menurut Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Keuangan (Kabiro AUAK) IAIN Tulungagung, Samsi, kegiatan tersebut memedomani edaran dari pemerintah pusat tentang pelaksanaan peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020. Para pegawai di lingkungan IAIN Tulungagung wajib mengikuti Upacara Peringatan Ke-75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih melalui streaming atau televisi. Para pegawai setingkat pejabat tinggi madya, yakni Rektor, para Wakil Rektor, para Dekan dan Kabiro AUAK, diwajibkan mengikuti upacara secara virtual di kantor. Sedangkan bagi pejabat akademik maupun struktural dan seluruh pegawai lainnya menyaksikan upacara melalui media apapun dari rumah masing-masing.


“Kegiatan ini dilaksankan dengan mengikuti pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Sekretariat Negara RI dan juga Kementerian Agama RI, yakni tetap mengikuti upacara dengan menyaksikan upacara Peringatan Ke-75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta secara virtual.” terang Samsi.

Meskipun dilaksanakan secara virtual, namun para pegawai bisa mengikuti prosesi upacara dengan baik. Mereka memakai pakaian seragam sebagaimana bila upacara berlangsung di waktu normal. Dan hari ini pihaknya mengaku sudah mendapatkan laporan dari para pegawai tentang kegiatan mereka melalui grup WhatsApp.

“Ternyata semangatnya tidak berkurang meski dalam kondisi di tengah pandemi Covid-19.” kata Samsi.

Sementara itu, Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin saat ditemui seusai acara mengatakan, bahwa dalam momen peringatan HUT RI ke-75 ini pihaknya menghimbau kepada segenap civitas akademika IAIN Tulungagung untuk terus berjuang mengisi kemerdekaan. Bagi para dosen diminta untuk terus meningkatkan kapasitasnya keilmuannya sebagai tenaga pengajar dan juga terus mengembangkan penelitiannya. Sementara kepada para karwayan diminta untuk terus meningkatkan pelayanannya.

“Bagi para mahasiswa saya mohon untuk terus belajar dengan tekun meski dalam situasi pandemi yang menyebabkan perkuliahan harus dilakukan secara daring atau jarak jauh.” kata Rektor.

Terkait dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini, Rektor meghimbau kepada seluruh civitas akademika IAIN Tulungagung untuk tetap menjaga diri dan orang-orang sekitar dengan baik, mematuhi protokol kesehatan, serta tetap semangat menjalankan aktivitas sehari-hari. Menurutnya jika para pejuang terdahulu berjuang untuk merdeka dari penjajah, maka saat ini kita bersama-sama berjuang untuk merdeka dari pandemi Covid-19.(lil/sin)

Skip to content