Itjend Kemenag RI Ekspose Hasil Audit Kinerja BLU UIN SATU Tulungagung

Kontributor:

Tulungagung – Dalam rangka penilaian pelaksanaan tugas dan fungsi satuan kerja di lingkungan Kementerian Agama RI, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama melakukan audit pada satker Badan Layanan Umum (BLU) di UIN Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung. Setelah hampir 10 hari berada di Tulungagung yakni sejak tanggal 14 Agustus 2022, akhirnya Senin pagi (22/08/2022) bertempat di Meeting Room Gedung Rektorat Lantai 2 digelar eskpose dalam exit meeting penyampaian hasil audit tersebut.
Acara ekspose dimulai dengan pembukaan oleh kepala Satuan Pengawas Internal UIN SATU Tulungagung, Dr. Ahmad Yunus, M.Pd.I., dilanjutkan dengan penyampaian hasil audit oleh Erma Agustini selaku Pengendali Teknis dan Inne Saraswati Mey Lyana selaku Ketua Tim. Tim audit Itjen menekankan dalam rekomendasi pemeriksaannya tentang perbaikan sistem dan kelengkapan administrasi BLU, serta penguatan pengawasan dari Satuan Pengawasan Internal (SPI).

Setelah ekspose acara dilanjutkan dengan penyampaian tanggapan oleh Dr. H. Abd. Azis, M.Pd.I. selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan. Beliau  menyampaikan bahwa UIN SATU Tulungagung sedang dalam proses perbaikan sistem dan administrasi BLU serta migrasi ke arah digitalisasi Smart Campus. 
“Penguatan kompetensi anggota SPI perlu terus dilakukan melalui diklat, pelatihan, benchmarking, dan juga In-House Training (IHT) seiring dengan berjalannya proses perkembangan BLU UIN SATU Tulungagung ini,” kata Abd. Aziz.
Dalam kesempatan tersebut hadir pula Inspektur Wilayah 3 Itjen Kemenag RI, Aceng Abdul Azis yang menyampaikan beberapa hal terkait penguatan dan perlunya BLU untuk berkembang secara dinamis guna menopang kemandirian PTKIN. Dia juga menyampaikan bahwa BLU UIN SATU Tulungagung merupakan BLU yang relatif maju dan berkembang meskipun masih baru.
Acara diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. H. Akhyak, M.Ag..
Seusai acara exit meeting, tim audit Itjen melakukan audiensi dengan Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. di ruang kerja Rektor. Dalam kesempatan tersebut Rektor menyampaikan rasa terima kasih kepada tim Itjen yang telah melakukan audit terhadap BLU UIN SATU Tulungagung dan telah menyampaikan hasil guna perbaikan dan kemajuan UIN SATU Tulungagung.
Tak lupa Rektor juga menyampaikan permohonan maaf bila selama masa audit tidak bisa mendampingi secara langsung serta meminta maaf atas ketidaknyamanan suasana di UIN SATU Tulungagung karena sedang dalam proses pembangunan gedung proyek SBSN.
Sebelum berpamitan, Inspektur, tim auditor Itjen Kemenag RI bersama Rektor dan para pejabat di lingkungan UIN SATU Tulungagung melakukan foto bersama di depan pintu masuk Gedung Rektorat. (spi/bahri)
Skip to content