Jumlah Pendaftar SPAN PTKIN Tahun 2023 Meningkat

Kontributor:

Jakarta – Jumlah pendaftar mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal demikian disampaikan oleh koordinator Pokja Humas Panitia Nasional PMB PTKIN, Dr. Mukhamad Rikza Chammami, M.Si saat acara press conference di Grand Orcardz. Selasa, 21 Maret 2023.

Pendaftaran melalui seleksi prestasi akademik nasional (SPAN) tercatat 176.413 siswa melakukan finalisasi pendaftaran, oleh Sekolah, pada tahun 2023 ini. Jumlah tersebut naik dari tahun lalu, pada tahun 2022 lalu jumlah siswa yang melakukan finalisasi pendaftaran sejumlah 172.971 siswa.

Koordinator Pokja Humas PMB PTKIN, Dr. M. Rikza Chamami menerangkan, bahwa seleksi masuk perguruan tinggi keagamaan islam negeri digelar serentak bersama-sama.

“58 PTKIN Seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Agama melakukan seleksi bersama lewat jalur SPAN-PTKIN dan UM-PTKIN, ” ujar Rikza.

Saat ini seleksi yang sedangkan proses penilaian adalah jalur SPAN-PTKIN, dimana proses penilaian digunakan menggunakan skor nilai rata-rata mata pelajaran, nilai rata-rata mata pelajaran pendukung, dan prestasi lainnya. Dokumen pendaftaran oleh siswa sedang dilakukan proses penilaian dan akan diumumkan pada 3 April mendatang.

Pada seleksi PTKIN tahun 2023 ini, baik UIN, IAIN dan STAIN tidak hanya menerima para peserta di tingkat SMA dan MA, namun juga memberi kesempatan seluas-luasnya kepada para santri di pesantren muadalah.

Pesantren Muadalah atau Pendidikan Muadalah sendiri merupakan pesantren yang menyelenggarakan pendidikan formal dengan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kekhasan pesantren dengan berbasis kitab kuning atau dirasah islamiah dengan pola pendidikan muallimin secara berjenjang dan terstruktur.

Wakil Rektor 1 UIN SATU Tulungagung, Ahmad Muhtadi Anshor menyampaikan apresiasi kepada Panitia Nasional SPAN-PTKIN. Peningkatan jumlah pendaftar secara nasional ini tentu tidak terlepas dari kerja keras panitia nasional serta kolaborasi dan kontribusi dari PTKIN dalam mensukseskan PMB Jalur SPAN-PTKIN tahun 2023.

“Dengan semakin banyaknya jumlah pendaftar SPAN, maka input mahasiswa baru pada PTKIN semakin bagus,” harapnya.

Ahmad Muhtadi Anshor mengatakan, pada Tahun Akademik 2023/2024 ini UIN SATU Tulungagung membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPAN-PTKIN  dengan kuota sebanyak 2.556. Jumlah kuota tersebut tersebar di 34 program studi.

Pada PMB Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2023, sebanyak 8.154 pendaftar telah memilih UIN SATU Tulungagung. Prodi Pendidikan Agama Islam menjadi prodi yang paling pendaftar. Disusul secara urut prodi Manajemen Bisnis Syari`ah, Psikologi Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ekonomi Syariah.

Selain SPAN-PTKIN, para calon mahasiswa juga dapat mendaftar melalui Jalur UM-PTKIN. Adapun jalur UM-PTKIN akan diselenggarakan pada tanggal 10 April 2023 – 15 Mei 2023, ketentuan syarat pendaftaran dapat dilihat secara berkala pada laman www.um-ptkin.ac.id..(humas/lil)

Skip to content