Jurusan PGMI Isi Ramadhan dengan Kegiatan PGMI Mengabdi

Kontributor:

Tulungagung – Mengisi Ramadhan yang penuh berkah, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAIN Tulungagung menyelenggarakan kegiatan PGMI Mengabdi. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada pada Senin (04/06/2018) sampai dengan Rabu (04/06/2018) di Desa Simo Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung.

Ketua Jurusan PGMI, M. Nurul Huda atau yang biasa disapa Gus Huda mengatakan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyemarakkan bulan Ramadhan sebagai bulan yang dimuliakan. Menurutnya Allah SWT menjanjikan untuk memberikan nilai tambah setiap amal baik di bulan suci Ramadhan, dan harapannya kegiatan PGMI Mengabdi ini bisa menjadi nilai lebih bagi warga PGMI dalam bulan ini.

Sementara itu, salah seorang panitia kegiatan, Aulia Anas menjelaskan bahwa kegiatan PGMI Mengabdi tersebut diisi dengan berbagai kegiatan antara lain: pondok romadhon di tiga sekolah tingkat dasar yang ada di Desa Simo, sema’an Al Qur’an di musholla serta kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar terutama tempat ibadah dan sarana pendidikan.

Adapun khusus pondok Ramadhan dilaksanakan antara lain di SD IT Hidayatul Mubtadi’ien, SDM Simo serta MI Unggulan Al Falah. Sedangkan materi untuk pondok Ramadhan antara lain tentang tauhid, fiqh, aqidah akhlaq.

Masih menurut Anas bahwa, dalam kegiatan yang diikuti oleh 60 mahasiswa PGMI tersebut selain untuk mengisi bulan Ramadhan juga merupakan program dari PGMI untuk melatih diri terjun ke masyarakat.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, warga PGMI bisa terlatih dan berpengalaman menjalan profesinya sebagai calon pendidik,” kata Anas yang merupakan mahasiswa PGMI semester 2.

Ditambahkan oleh Anas, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan PGMI Mengajar yang dilaksanakan pada tahun lalu yang dilaksanakan di Kelurahan Kepatihan Kecamatan Tulungagung dan diharapkan menjadi kegiatan rutin setiap tahun. (humas)

 

Skip to content