KPI UIN SATU Produksi dan Gelar Nonton Bareng Puluhan Film Vertikal

Kontributor:

Tulungagung – Mahasiswa semester V Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) berhasil memproduksi 50 judul film vertikal. Selain itu mereka juga menggelar nonton bareng 25 judul di antaranya pada Selasa pagi (07/12/2022) di Aula Lantai 6 Gedung KH Arief Mustaqiem UIN SATU Tulungagung.

Dosen mata kuliah Produksi Audio Visual, Agus Widodo, M.Si. kepada media mengatakan bahwa ini merupakan terobosan baru pembuatan film, yang mana frame film tidak lagi dalam bentuk landscape melainkan portrait, serta menyesuaikan dengan bentuk layar smartphone yang kini sudah umum orang memilikinya. Terobosan ini diharapkan bisa memanjakan para penikmat film yang mengandalkan ponsel sebagai media putarnya.


Selain itu, Agus Widodo juga menyampaikan bahwa karena ini menurutnya merupakan terobosan baru dalam dunia perfilman, maka banyak hal-hal baru yang menjadi bagian dari film ini, mulai dari teknik pengambilan gambar, proses produksi, dan banyak hal lainnya.

Diungkapkan pula oleh Agus Widodo, pembuatan film vertikal ini sebenarnya adalah merupakan hasil praktek dari mahasiswa KPI yang mengikuti mata kuliah Produksi Audio Visual.

“Mereka memang sengaja diajarkan untuk membuat film vertikal, karena kami KPI mempersiapkan tenaga-tenaga profesional. Lulusan dari KPI biar bisa langsung bekerja sesuai dengan keterampilan yang kita ajarkan di sini,” kata Agus Widodo.

Hal ini pun mendapatkan apresiasi positif dari Koordinator Program Studi KPI, Luthti Ulfa Ni’amah, M.Kom.I., yang hadir dalam kegiatan nobar tersebut. Karena ini perdana, dia berharap supaya ke depan bisa terus dilakukan produksi film-film dan karya-karya sejenis oleh mahasiswa KPI. Tidak hanya semester V melainkan juga semester lainnya.

“Semoga ini bisa bermanfaan bagi KPI khususnya dan UIN SATU Tulungagung,” harapnya.

Kegiatan nobar ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, Prof. Dr. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag., Dekan FUAD, Dr. Akhmad Rizqon Khamami, Lc., M.A., para wakil dekan, para ketua dan sekretaris jurusan, pra koordinator program studi di lingkungan FUAD UIN SATU Tulungagung, serta para dosen prodi KPI.

Sementara itu, ungkapan optimis datang dari Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah UIN SATU Tulungagung, Dr. Akhmad Rizqon Khamami, Lc., M.A., sebagai fakultas yang menaungi program studi KPI.

“Saya optimis, KPI akan menjadi mercusuar UIN SATU,” katanya.

Menurutnya hal tersebut bukan hal yang mustahil jika tugas-tugas mata kuliah pada prodi KPI diperbanyak dalam bentuk karya audio visual.(humas/sin)

 

Skip to content