Kunjungi BLU Fair 2023, Wamenkeu Tegaskan Manfaat Inovasi Badan Layanan Umum

Kontributor:

Jakarta – Pada hari kedua pelaksanaan BLU Fair, yakni pada Jum'at (03/03/2022) di Taman Lapangan Banteng Jakarta, ada yang tampak istimewa, yaitu hadirnya Wakil Menteri Keuangan RI, Suahasil Nazara mengunjungi beberapa stand peserta pameran dan juga menyapa pengunjung dan masyarakat. Setelah sebelumnya acara diisi senam bersama dan perform marching band dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Dalam kunjungan tersebut Wamenkeu menyampaikan beberapa hal. Di antaranya adalah mengenai beberapa BLU yang hadir ikut serta dalam BLU Fair 2023.

"Saya senang bahwa banyak BLU menggunakan kesempatan BLU Fair ini untuk menyampaikan apa yang sudah dilakukan, layanan-layanan yang disampaikan dan diberikan kepada masyarakat luas,” kata Wamenkeu.


Dikatakannya bahwa BLU adalah instansi di lingkungan Pemerintah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, berupa penyediaan barang dan atau jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan. Dalam melakukan kegiatannya, BLU didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

Wamenkeu bercerita, dulu mungkin seluruh unit Pemerintah dianggap sebagai suatu satuan kerja yang menjadi bagian dari birokrasi. Sekarang apa yang ada di BLU juga tetap merupakan satuan kerja pemerintah dan menjadi bagian dari birokrasi, tetapi memiliki banyak fleksibilitas.

“Sehingga dengan tujuan diberikan fleksibilitas itu agar bisa memaksimalkan mengoptimalkan layanan bagi masyarakat,” ujar Wamenkeu.

Menurutnya ada beberapa rumpun BLU yang di antaranya adalah dari rumpun kesehatan, seperti rumah sakit. Ini berarti rumah sakit bisa merekrut dokter, tenaga medis, dan tenaga-tenaga lainnya tanpa harus terikat, tanpa harus terlalu rigid seperti merekrut pegawai negeri sipil misalnya. Menurutnya ini adalah terobosan yang baik.

Apresiasi juga diberikan kepada BLU dan Unit Eselon I Kementerian Keuangan yang telah aktif memberikan bantuan, dukungan, dan fasilitasi bagi UMKM binaan.

“Ini bagus sekali beberapa binaan (UMKM) di dalam koordinasi BLU kita itu mendapatkan berbagai macam akses, baik itu akses ke pasar, akses modal, akses teknologi, akses mengenai pengetahuan manajemen,” ujar Wamenkeu.

Wamenkeu menegaskan dukungan dari BLU tersebut merupakan bentuk cara kerja dari BLU yang merupakan bagian dari APBN dan pemerintah yang digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Sehari sebelumnya, pada pembukaan Rakor BLU, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa ekonomi Indonesia yang tumbuh solid di 2022 turut ditopang oleh kinerja positif BLU. Peran strategis BLU fokus terhadap pembangunan yang inklusif melalui pembiayaan dan fasilitasi UMKM, kebijakan keberpihakan kepada masyarakat terpinggirkan dan rentan, membangun konektivitas dan infrastruktur sampai ke pelosok negeri. BLU menjadi katalisator perekonomian sekaligus menghadirkan layanan publik yang prima kepada masyarakat secara inklusif, affordable, dan sustainable, serta akuntabel dan antisipatif terhadap ketidakpastian.
Sebagai informasi, bahwa pada hari kedua BLU Fair selain masih ada stand pameran juga beberapa kegiatan lain, yakni stand up comedy, Talkshow: UKM Naik Kelas; Peran Pemerintah dalam Mendukung Geliat Usaha UMKM Indonesia", serta perform barongsai dari Banten. Semua acara tersebut juga bisa disaksikan selengkapnya di Channel Youtube BLU Channel. (humas/sin)
Skip to content