LP2M Gelar Pameran Posdaya dan Penanaman Terumbu Karang bersama Marinir

Kontributor:

(Tulungagung) Pada hari Minggu sampai Senin, 16 – 17 Agustus 2015, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Tulungagung menggelar pameran Posdaya (Pos Pemberdayaan Keluarga) di Pantai Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung.

Menurut salah satu panitia dari LP2M IAIN Tulungagung, Muhiburrohman, bahwa acara tersebut diikuti oleh 750 orang peserta. Adapun jumlah stand berjumlah 15 stand yang 5 di antaranya merupakan binaan IAIN Tulungagung.

Dalam acara tersebut tampak hadir Ketua Yayasan Damandiri, Prof. Dr. Haryono Suyono, MA., PhD selaku pengelola pusat program Posdaya. Hadir juga Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tulungagung, Suprapto, dan segenap Rektor dan Ketua 5 perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Tulungagung. Selain itu hadir pula perwakilan dari satuan marinir, Komandan Batalyon Bekpal I Marinir Pasmar-1 Surabaya Letkol (Mar) Arif Miftakhudin, yang merupakan komandan dari pasukan marinir dalam rangka kegiatan penanaman terumbu karang di Pantai Sine.

Dalam upacara seremonial yang digelar di Balai Perikanan Pantai Sine, Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag. mewakili segenap perguruan tinggi yang ada di Tulungagung menyampaikan, bahwa pihaknya berterimakasih kepada Yayasan Damandiri dengan Program Posdaya-nya. Karena dengan adanya program tersebut, maka perguruan tinggi yang ada di Tulungagung pun bisa ikut andil dalam pengembangan ekonomi kerakyatan.

“Tulungagung ini sebenarnya tidak hanya menjadi kontributor TKI saja, namun juga tersimpan banyak potensi baik itu sumber daya alam dan potensi-potensi lain yang bisa dikembangkan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakatnya. Jadi dengan adanya Posdaya sedikit banyak cukup membantu dalam pengembangan potensi tersebut”, jelas Rektor IAIN Tulungagung.

Sementara itu, Prof. Dr. Haryono Suyono, MA., PhD. selalu Ketua Yayasan Damandiri juga mengucapkan terimakasih atas pro aktif dari segenap elemen masyarakat yang ada di Tulungagung termasuk juga IAIN Tulungagung sebagai salah satu pelaksana Posdaya di daerah. Selain itu pihaknya juga meminta komitmen perguruan tinggi lain yang ada di Tulungagung untuk juga mendukung penuh pelaksanaan Program Posdaya.

“Selama kegiatannya jelas dan memiliki kontribusi dalam pemberdayaan masyarakat menjadi lebih baik, kami akan siap untuk mendukungnya yang tentunya dari segi anggaran”, kata salah satu Mantan Menteri di era pemerintahan Presiden Soeharto tersebut. (humas)

Skip to content