Ma’had UIN SATU sabet Juara 2 Lomba Baca Kitab dalam rangka Munas Ma’had dan Rihlah Ilmiah Ma’had Al-Jami’ah Se-PTKIN Indonesia

Kontributor:

Surabaya – 21 sampai dengan 23 November 2022 tepatnya pada Hari Senin-Rabu, rombongan Ma’had Al-Jami’ah mengikuti rangkaian kegiatan Munas Mudir dan Rihlah Ilmiah yang mana pada tahun ini UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi tuan rumahnya. Acara Munas mudir bertempat di Hotel Swiss Bellin Airport Surabaya, sedangkan agenda rihlah ilmiah berlangsung di Hotel greenSA. Acara ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Forum Komunikasi Mudir Ma’had Al-Jami’ah PTKIN se-Indonesia. Adapun munas kali ini merupakan munas Ke-IX. Munas ini diikuti oleh 39 Ma’had Al-Jami’ah dari berbagai PTKIN di tanah air, sehingga munas ini merupakan munas dengan peserta terbanyak setelah sebelumnya di IAIN Tulungagung yang diikuti oleh 33 ma’had.
Terdapat 3 lomba pada agenda Rihlah Ilmiah tahun ini, Lomba MQK diwakili Oleh Arju Bahroin Mahasiswa Prodi IAT semester 3, Lomba MHQ diwakili oleh Nahdiyah Hilmaya Mahasiswi IAT semester 1, dan lomba LKTIP diwakili oleh Mu’tiatus Silvi Mahasiswa HTN semester 1. Rombongan tiba GreenSA pada kisaran pukul 17.00 WIB.

Sesuai dengan jadwal yang ada, pembukaan munas dilaksanakan pada pukul 19.00 WIB. Pembukaan munas pada awalnya direncanakan dibuka langsung oleh Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof.  Akh Muzakki, Grad, Dip, SEA, M.Ag., M.Phil, Ph.D. Akan tetapi karena sesuatu dan lain hal, tugas ini dilimpahkan pada Wakil Rektor III bidang akademik dan kemahasiswaan, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag yang dilakukan di Hotel Swiss Bellin Surabaya, saya dan peserta lomba delegasi Ma’had UIN Tulungagagung mengikuti via daring dari aula GreenSA, acara pembukaan selesai kisaran pukul 21.52, yang dilanjutkan dengan final technical meeting perlombaan selesai pada kisaran pukul 22.30.
Esok harinya, Tanggal 22 November 2022, merupakan jadwal perlombaan Rihlah Ilmiah, yang dilaksanakan di area Hotel GreenSA, 3 perlombaan dilaksanakan di lokal yang berbeda, kisaran pukul 08.30 perlombaan serempak dilaksanakan. Peserta MHQ mendapat nomor urut 10, peserta MQK nomor urut 15 dan peserta LKTIP mendapat nomer urut 11.
22 November 2022 merupakan malam penutupan agenda Munas sekaligus Rihlah Ilmiah sekaligus pengumuman juara perlombaan. Di akhir agenda munas ini, para mudir dan pengelola ma’had al-jami’ah juga melakukan deklarasi pernyataan sikap tentang moderasi Islam. Deklarasi ini penting untuk mempertegas sikap ma’had al-jami’ah sebagai benteng dari Islam wasatiyah. Disamping itu juga sebagai penegas arah ma’had al-jami’ah dalam hal keberpihakannya pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Acara ditutup pada malam hari dengan beberapa penampilan dari mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Sunan Ampel Surabaya, serta pengumuman pemenang lomba dalam rihlah ilmiah. Dari 3 lomba yang ada, delegasi Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada kesempatan ini berhasil meraih juara 2 pada  Musabaqah Qiraatil Kutub, semoga kejuaraan ini membawa keberkahan untuk Ma’had dan kita tercinta. (mahad/wikan).
Skip to content