Mahasiswa IAIN Tulungagung Kembali Raih Duta Genre Kabupaten Tulungagung

Kontributor:

Tulungagung – Setelah pada 2017 lalu salah satu mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung berhasil memenangi pemiliha Duta Genre Kabupaten Tulungagung, tahun ini kembali mahasiswa IAIN Tulungagung meraih prestasi yang sama. Adalah Ulfa Maghfiroh, mahasiswa semester IV Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang berhasil meraih Juara 1 even yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Tulungagung.

Perlu diketahui, bahwa Genre (Generasi Berencana) merupakan sebuah program di bawah naungan BKKBN yang dikembangkan dalam rangka penyiapan dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Duta Genre adalah sosok remaja yang menjadi panutan, role model, motivator, sekaligus konselor untuk semua remaja.

Menurut Ulfa, dari proses pendaftaran yang dilakukan pada Senin (28/01/2019) hingga Sabtu (16/02/2019) dan tercatat ada ratusan orang yang mendaftar. Namun berdasarkan seleksi berkas pada hari Minggu (17/02/2019) hanya sebanyak 92 peserta yang lolos. Dan pada hari yang sama peserta yang lolos kemudian mengikuti tes tulis dan wawancara sehingga menyisakan ada 35 peserta. 35 Peserta tersebut kemudian ditugaskan untuk membuat paper yang dipresentasikan kepada juri. Dari seleksi paper tersebut akhirnya dipilihkan 10 pasang peserta putra dan putri yang dinyatakan lolos untuk mengikuti karantina selama dua hari.

Proses karantina yang diikuti oleh 10 peserta tersebut dilaksanakan pada hari Kamis (21/02/2019) sampai dengan hari Jum'at (22/02/2019). Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh seluruh peserta dalam masa karantina. Mulai dari pembekalan materi hingga pelatihan tata cara bersikap diajarkan oleh para pembina sekaligus panitia yang terlibat.

Setelah selama dua hari dilaksanakan karantina, akhirnya pada hari Sabtu (23/02/2019) malam puncak pun digelar dengan sangat meriah yang diselenggarakan di Gedung Sanggara Pramuka Kwarcab Tulungagung. Dari 10 pasang finalis akhirnya dipilih 10 peserta yang masuk pada 5 besar. Dan ada tiga orang mahasiswa IAIN Tulungagung yang masuk 5 besar, yakni Ulfa Maghfiroh dari jurusan Perbangkan Syariah, Siska Nurfadilla dari jurusan Ekonomi Syariah dan Pinggi Astikawati dari jurusan Akuntansi Syariah. Ketiganya merupakan mahasiswa semester IV.

“Alhamdulillah, setelah melalui segala perjuangan, saya terpilih menjadi juara 1 di kategori putri dalam even ini.”, kata Ulfa.

Adapun juara 2 diraih oleh Dela Monica Steffani dari SMAN 1 Boyolangu dan juara 3 ditempati oleh rekan sekampus Ulfa, yakni Siska Nurfadilla. Sementara di kategori putra, juarai 1 ditempati oleh Kapten Samuroh dari SMAN 1 Boyolangu, juara 2 ditempati oleh Muhammad Ridwah Abdullah dari MAN 2 Tulungagung dan juara 3 diraih oleh Mohammad Dwi Prayoga dari SMAN 1 Boyolangu.

Seperti even-even sebelumnya, pemenang pemilihan Duta Genre di tingkat Kabupaten Tulungagung akan diikutkan dalam pemilihan Duta Genre tingkat Provinsi Jawa Timur. Dan Ulfa berharap dukungan dari segenap civitas akademika IAIN Tulungagung dan juga masyarakat Tulungagung untuk bisa meraih prestasi yang lebih tinggi. (humas/sin/kontri)

Skip to content