Marching Band UIN SATU Boyong 16 Piala dan 6 Medali Turnamen di Bali

Kontributor:

Tabanan—Tim Marching Band Derap Swara Sangkakala UIN SATU Tulungagung berhasil membawa pulang 16 piala dan 6 medali dalam kompetisi Nasional Langgam Indonesia XXXVI Tahun 2024 yang diselenggarakan di GOR Debes, Tabanan, Bali pada tanggal 12 sampai dengan 14 Juli 2024. Sebagaimana dituturkan oleh salah satu anggotanya, Ridha Ikhtiarini, Marching Band Derap Swara Sangakakala mampu bersaing dengan tim marching band dari seluruh Indonesia diantaranya Brass Band Tala Syi’ar dari Lombok, Marching Band Ki Barak Panji Sakti dari Bali, Celestial Colorguard dari Sulawesi, dan masih banyak lagi.

Disebutkan oleh Ridha, mereka mengirimkan total 72 peserta, tim Marching Band UIN SATU Tulungagung berhasil meraih juara dalam kategori Juara 1 Band Concert Divisi Utama, Juara 1 Fieldcommander, Juara 1 Music Analysis Percussion, Juara 1 Music Ensemble, Juara 1 Music Analysis Horn Line, Juara 1 Colorguard Peformance, Juara 1 General Effect, Juara 1 Play Pass Divisi Utama, Juara 1 Ensemble Brass, Juara 1 Penyajian Pencapaian, Juara 1 Penguasaan Materi, Juara 1 Drumbattle, Juara 2 Colorguard Contest, Juara 2 Ensemble Analysis, Juara 2 General Effect, Juara 2 Movement Analysis, Juara 2 Equipment Analysis, Juara 2 Individual Multi Tom, Juara 3 Individual Snare, Juara 2 Individual Guard Contest Flag, Juara 2 Individual Guard Contest Mix Equipment, Juara 3 Individual Guard Contest Mix Equipment. Adapun juri profesional dalam bidangnya yaitu Diana Sari Sadiyo, Eric Awuy, Arwan Pangerang, Budi Hartanto, Gagan Gumilar, Mahendra Putra, Wija Adguna, Wahyu Kesuma Bakti, Bagus Ardhipati, Gede Baskara, dan Yuanita Ramadhani.

Selama bersaing di Bali, tim Marching Band UIN SATU Tulungagung sedikit banyak menghadapi tantangan dan kesulitan, diantaranya adaptasi tempat latihan, penyesuaian arena perlombaan, dan tantangan terbesarnya adalah keyakinan diri masing-masing untuk menjadi seorang pemenang.

“Tetapi setelah berhasil meraih berbagai penghargaan tersebut, menimbulkan perasaan bangga tiap anggota yang sudah bekerja keras selama 2 bulan terakhir,” aku mahasiswa semester 7 program studi Hukum Keluarga Islam (HKI) ini.

Menurutnya, Tim Marching Band Derap Swara Sangkakala UIN SATU Tulungagung berhasil meraih kemenangan dengan orang yang tepat yaitu, Ega Nur Efendi sebagai Band Director MBDSS, Barik Maulana sebagai Pelatih Front Ensemble, Bayuseto sebagai pelatih Battery, Ebenhaezer sebagai pelatih Brass Line, Moh. Fiqhan Nida sebagai pelatih Colorguard, dan Arinto Prihatmoko sebagai Colorguard Consultant.

Disinggung tentang kedepannya, Marching Band Derap Swara Sangkakala UIN SATU Tulungagung tentunya memiliki target juara yang lebih besar di kancah nasional maupun internasional dengan memprioritaskan skill setiap pemain dan memupuk rasa kekeluargaan sesama anggota yang mana menjadi kunci penting dalam setiap perlombaan.

Selain itu dia juga menyampaikan harapannya supaya mahasiswa baru atau generasi penerus Marching Band Derap Swara Sangkakala yang baru adalah mampu menjaga nama baik Tim dan Universitas, mengembangkan prestasi yang telah diraih, dan menunjukkan bahwa Marching Band dari PTKIN mampu dan layak untuk bersaing dengan Marching Band lain di kancah nasional maupun internasional.

Editor: Muhlasin
Photographer: Istimewa
Skip to content