Membuka OPAK 2016: Bupati Tulungagung Minta OPAK Diperbanyak Materi Kebangsaan

Kontributor:

Tulungagung – Setelah mewisuda yang sekaligus melepas 1103 sarjana pada beberapa hari yang lalu, kini gilirannya IAIN Tulungagung kembali kedatangan mahasiswa baru. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, sebelum kegiatan akademik atau perkuliahan dimulai maka dilaksanakan Orientasi Pengembangan Akademik Kampus (OPAK) yang dilaksanakan mulai Selasa Pagi (16/08) di halaman Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung.

Wakil Rektor 3 IAIN Tulungagung, Dr. Nur Effendi, M.Ag. sebagai Ketua Panitia OPAK 2016 ini dalam sambutannya sekaligus laporannya kepada Rektor menyampaikan, bahwa OPAK tahun ini diikuti oleh 4071 orang mahasiswa. Dan rencananya akan digelar dua tahap, pertama OPAK INSTITUT yang akan diselenggarakan pada tanggal 16 dan 17 Agustus 2016 dan OPAK FAKULTAS yang akan diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut pada 18, 19 dan 20 Agustus 2016.

Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru IAIN Tulungagung 2016. Rektor juga berharap supaya para mahasiswa baru betah berada di Tulungagung dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu di IAIN Tulungagung, terutama bagi mereka yang berasal dari luar Tulungagung.

Selain itu, Rektor menyampaikan terimakasih kepada Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, SE, M.Si. yang telah berkenan hadir dalam acara pembukaan OPAK tersebut. “Sepanjang sejarah ini kali pertama OPAK atau yang dulu disebut OSPEK di IAIN Tulungagung dibuka oleh Bupati Tulungagung”, kata Rektor disambut meriah oleh segenap peserta dan yang hadir.

Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo, SE, M.Si. yang juga memberikan sambutan menyatakan rasa terimakasih karena telah diberikan kehormatan untuk membuka acara OPAK 2016. Tak lupa, Bupati mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa terutama yang berasal dari Tulungagung.

“Selamat datang di Kabupaten Tulungagung, dan seperti halnya Pak Rektor, kami berharap kalian bisa betah dan bersungguh-sungguh belajar di IAIN Tulungagung”, kata Bupati.

Bupati juga menyatakan, merasa bangga dengan kampus IAIN Tulungagung yang kini menjadi semakin besar dan pesat perkembagannya. Hal tersebut menurut Bupati juga memiliki peran besar terhadap perkembangan pendidikan serta ekonomi di Kabupaten Tulungagung. Kabupaten ini dari tahun ke tahun memiliki prestasi besar dalam skala nasional, termasuk tahun ini mendapatkan anugerah Adipura Kencana Paripurna dari pemerintah pusat. Diakui ataupun tidak, masih menurut Bupati, bahwa IAIN Tulungagung memiliki andil juga dalam pencapaian prestasi tersebut.

“Jadi banyak hal yang bisa anda dapatkan selama di Tulungagung ini. Namun yang tidak kalah penting, saya harapkan supaya dalam OPAK ini diperbanyak materi-materi kebangsaan dan penanaman nasionalisme. Karena hal tersebut kini sangat dibutuhkan di tengah ancaman paham-paham radikal yang cenderung ingin memecah belah persatuan NKRI”, pesan Bupati Tulungagung yang dilanjutkan membuka secara resmi OPAK 2016. (humas)

Skip to content