Pada Wisuda ke-41 Mahasiswi Peraih Beasiswa LPDP Harap UIN SATU Go International

Kontributor:

Tulungagung—Adalah Athena Muzayana Chakim, salah satu mahasiwa peraih beasiswa LPDP asal Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) berharap UIN SATU Tulungagung bisa go international. Hal tersebut disampaikan saat Wisuda ke-41 pada Sabtu pagi (20/07/2024) di Halaman Gedung KH Arief Mustaqiem UIN SATU Tulungagung.

“Saya membayangkan suatu hari nanti kampus almamater saya, UIN SATU Tulungagung dapat menjadi perguruan tinggi Islam berkelas dunia, menjadi rumah bagi mahasiswa seluruh dunia. Untuk mempelajari keilmuan dibidang islamic studies, interly studies, umerelly, pendidikan dan bisnis, hukum dan syariah diberbagai jenjang. Selain itu saya juga membayangkan tempat ini menjadi safe place atau tempat yg aman bagi para mahasiswa internasional meskipun mereka jauh terpaut dari ribuan kilometer tempat halaman mereka,” kata Athena.

Mahasiswi program studi Tadris Matematika tersebut juga meyakini bahwa UIN SATU sedang berjalan menuju Go Internasional. Hal ini dibuktikan dengan kesempatan yang diberikan kampus kepadanya dalam mendapat pengalaman Internasional di US (Amerika Serikat) dalam program MOSMA.

Athena turut menyampaikan ungkapan kebahagiaan dan terima kasih kepada Prof, Abd Azis, selaku Rektor UIN SATU yang telah mendukung perjalanannya menyelami ilmu di Negeri Paman Sam.

“Saya memahami bahwa kesempatan tersebut mungkin tidak akan datang jika saya tidak menempuh pendidikan di UIN SATU Tulungagung, maka saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan rasa syukur dan terima kasih saya yang sebesar-besarnya kepada bapak Rektor, Prof, Abd Aziz,” ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN SATU Tulungagung, Prof. Abad Badruzaman dalam laporan akademiknya pada Wisuda ke-41 tersebut menyampaikan bahwa pada wisuda kali ini ada sejumlah 1.401 wisudawan yang diwisuda.

Rincinaannya, sebut Prof. Abad Badruzaman, dari 1.401 wisudawan tersebut terdiri atas Program Sarjana S1 sejumlah 1.231 mahasiswa meliputi 123 mahasiswa dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH), 567 mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), 163 mahasiswa dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD), dan 378 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI).

Sedangkan, pada Pascasarjana Program Magister terdapat 155 mahasiswa, Program Doktor S3 sebanyak 15 mahasiswa. Selain itu, UIN SATU juga mewisuda mahasiswi awardee program summer south coast Yale University, atas nama Fahriya Asmai Aida dan mahasiswi Athena Muzayana Chakim sebagai peraih beasiswa peraih beasiswa MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) Amerika Serikat.

Mewakili segenap jajaran pimpinan di UIN SATU Tulungagung, Wakil Rektor mengucapkan selamat kepada segenap wisudawan dan wisudawati.

“Amalkan ilmu yang sudah diperoleh untuk menjalani kehidupan di masyarakat. Semoga ilmu yang diperoleh senantiasa mendapat keberkahan dan manfaat, Aamiin ya Rabbal alamin,” ujar Prof. Abad.

Sementara itu, Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Abd. Aziz dalam sambutannya pada Wisuda ke-41 tersebut menyampaikan bahwa UIN SATU sedang meningkatkan kapasitas, fasilitas dan kualitas di seluruh aspek, baik mahasiswa, dosen, dan layanan.

“UIN SATU pada tahun 2024 berusaha meningkatkan seluruh kapasitas, fasilitas dan kualitas baik dari mahasiswa, dosen, dan fasilitas lainnya. Saat sekarang ini telah banyak dan masih belum pulang, ada yang sekarang lagi di Australia, Korea, Jepang, Mesir, dan berbagai Negara, ini dalam rangka untuk meningkatkan dan menjamin bagaimana putra-putri panjenengan semua di UIN SATU menjadi manusia-manusia yang pinunjul,” kata Rektor.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Abd. Aziz juga menegaskan bahwa UIN SATU adalah kampus yang akan Go-Internasional. Beliau mencontohkan adanya mahasiswa yang belum lulus, namun mampu mengenyam pendidikan di luar negeri. 

“Ada beberapa mahasiswa yang masih belum lulus telah berhasil dan salah satunya itu tadi, Mbak Athena, telah dikirim, telah bisa mengenyam pendidikan di Amerika. Ini berarti UIN SATU tidak hanya sebagai kampus yang kaleng-kaleng, tapi UIN SATU ingin menjadi kampus yang meng-internasional,” tegas Rektor.

Sebelum mengakhiri sambutan, Rektor meminta kepada seluruh wisudawan untuk mengibarkan kebenaran dan kemaslahatan kepada masyarakat. Jadilah lulusan yang berakhlak. Jadilah sarjana yang tangguh.

Acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemindahan kucir para wisudawan dan wisudawati yang dilakukan langsung oleh Rektor UIN SATU Tulungagung. Selengkapnya, upacara wisuda ke-41 ini juga bisa disaksikan di Channel YouTube SATU Televisi.

Editor: Muhlasin
Photographer: Muhlasin
Skip to content