PBAK 2023 UIN SATU Tulungagung Diikuti 4.545 Mahasiswa Baru

Kontributor:

Tulungagung – Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2023 Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) diikuti oleh 4.545 mahasiswa baru Tahun Akademik 2023/2024. Kegiatan ini dipusatkan di Halaman Gedung KH Arief Mustaqiem UIN SATU Tulungagung dan dilaksanakan pada 16-17 Agustus 2023.
 
Prosesi pembukaan PBAK tahun 2023 ini dikemas dalam Rapat Senat Terbuka. Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam kemenag RI Nomor: B-732.1/DJ.I/07/2023 yang menyebutkan bahwa PBAK adalah kegiatan akademik yang mengawali proses perkuliahan sebagaimana wisuda adalah kegiatan akademik yang mengakhiri perkuliahan. Oleh karena itu, kegiatan PBAK harus dibuka dan ditutup dengan Rapat Senat Akademik. Ketua Senat UIN SATU Tulungagung, Prof. D. H. Imam Fuadi, M.Ag. membuka PBAK tahun 2023.

Ketua Panitia Pelaksana PBAK 2023 dari unsur mahasiswa, Zahwa Meira Qotru Nada dalam laporan menyampaikan bahwa kegiatan ini mengangkat tema “Abdi Bumi Gayatri Penggerak Intelektual Negeri”. Pihaknya mengangkat tema tersebut karena percaya bahwa Tulungagung merupakan bumi suci yang dahulu merupakan salah satu tempat belajar dan berkembangnya intelektual dan ilmu pengetahuan.

Dipaparkan juga oleh mahasiswi Semester VII Program Studi Tadris Biologi ini bahwa kegiatan PBAK ini akan dilangsungkan selama tiga hari berturut-turut hingga pelaksanaan inaugurasi.

“Dalam PBAK ini akan disampaikan materi yaitu kebangsaan/kebhinekaan, pendidikan dan kebudayaan, dan juga kemahasiswaan,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa baru betul-betul siap untuk masuk di dunia kampus.

Selanjutnya, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN SATU Tulungagung, Mochamad Nur Nawawi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan masuknya para mahasiswa baru di UIN SATU Tulungagung ini merupakan kesempatan yang tidak semua orang memilikinya. Jadi mereka adalah orang-orang yang terpilih untuk mendapatkan kesempatan menuntut ilmu di kampus ini.

“Dan ini tentu menjadi kebanggaan kita semua menjadi mahasiswa-mahasiswi pilihan. Orang-orang pilihan untuk menempuh pendidikan di bumi suci, di bumi Tulungagung,” kata Nawawi yang merupakan mahasiswa Semester Akhir Program Studi Manajemen Bisnis Syariah ini.

Menurutnya, mahasiswa baru yang ada saat ini adalah generasi Z, yakni generasi yang seharusnya tidak hanya kritis, berintelektual tinggi, pekerja keras, namun adalah generasi yang harus memiliki kreativitas. Oleh karenanya dia meminta kepada segenap mahasiswa baru untuk tidak main-main dalam mengikuti PBAK 2023 ini.

Sementara itu, Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa baru UIN SATU Tulungagung saat ini berasal dari berbagai pulau yang ada di Indonesia. Dari Jawa Timur hampir semua Kabupaten Kota ada warganya yang menjadi mahasiswa baru UIN SATU Tulungagung tahun ini.

“Jadi bisa dikatakan bahwa kampus UIN SATU Tulungagung adalah kampus Nusantara,” kata Rektor.

Rektor juga menyampaikan bahwa UIN SATU Tulungagung ini sudah banyak mengalami perkembangan dan terus berupaya meningkatkan pelayanannya bagi mahasiswa yang hendak belajar di UIN SATU Tulungagung. Hal tersebut dilakuan baik dengan menambah fasilitas belajar maupun terobosan program dalam rangka meningkatkan kualitas intelektual mahasiswanya, di antaranya adalah program madrasah diniyah yang dilaksanakan oleh Ma’had Al-Jami’ah UIN SATU Tulungagung.

“Dan banyak program yang ada di UIN SATU Tulungagung yang ditiru oleh perguruan tinggi lain,” kata Rektor.

Di akhir sambutannya Rektor berpesan supaya para mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri untuk kuliah selama empat tahun.

“Semoga sukses, semoga saudara semuanya bisa melaksanakan kuliah dengan baik dan betul. Nanti akan diberikan tata cara perkuliahan.” kata Rektor.

Setelah sambutan, dilaksanakan prosesi pembukaan PBAK UIN SATU Tulungagung 2023 oleh Rektor dengan ditandai pemukulan gong dan penyematan kartu tanda peserta PBAK 2023 kepada perwakilan peserta.

Upacara pembukaan PBAK UIN SATU Tulungagung 2023 ini selengkapnya juga bisa disaksikan di Channel  Youtube SATU Televisi. (*)

Skip to content