Pelatihan Manasik Haji Mahasiswa STAIN Tulungagung

Kontributor:

Pada hari Senin, tanggal 26 Nopember 2012, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Tulungagung mengadakan Pelatihan Manasik Haji Mahasiswa. Pelatihan yang bertempat di Auditorium STAIN Tulungagung ini melibatkan seluruh mahasiswa semester III dari 3 Jurusan, yaitu:  Jurusan Tarbiyah, Jurusan Syari’ah dan Jurusan Ushuluddin. Pelatihan dibuka oleh Kajur Tarbiyah (Dr. Abd Aziz, M.Pd.I-foto no 2 dari kiri) didampingi oleh Kepala Lab. Tarbiyah (Fathul Mujib, M.Pd.I-foto paling kiri) dengan mendatangkan narasumber tunggal dari Pondok Pesantren Panggung Tulungagung, KH. Moh. Fathullah, M.Pd.I. (foto no 2 dari kanan).

 

Kegiatan ini merupakan integrasi kurikulum materi Fiqh dan bernilai positif bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana sebenarnya ibadah haji itu serta rangkaian kegiatan apa yang harus dilakukan di dalam prosesi ibadah tersebut,  sehingga mahasiswa yang suatu saat nanti juga akan menjadi calon jamaah Haji mampu memahami praktek ibadah Haji sekaligus memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman yang lebih. Pelatihan ini juga bermanfaat bagi mahasiswa  untuk menjawab persoalan mengenai pelaksanaan ibadah Haji yang ada di masyarakat.

 

Semangat mahasiswa mengikuti pelatihan ini terlihat jelas saat praktek penggunaan kain ihram dan gema bacaan talbiyah yang dikumandangkan secara bersama-sama. (red-ch)

Skip to content