Pelepasan Peserta PPL Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung Th. Akademik 2013/2014

Kontributor:

  Hari ini, Senin 19 Agustus 2013, bertempat di halaman Kantor Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung diselenggarakan Upacara Pelepasan Peserta PPL Jurusan Tarbiyah dan dilanjutkan Halal bil Halal Pimpinan Jurusan Tarbiyah beserta Staf dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) dengan mahasiswa peserta PPL. Peserta PPL Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung tahun 2013 sebanyak 569 mahasiswa, yang terdiri dari Prodi PAI 149 peserta,  Prodi PBA 42 peserta, Prodi TMT 152 peserta, Prodi TBI 135 peserta dan Prodi PGMI 91 peserta. Upacara ini dilepas langsung oleh Wakil Ketua I STAIN Tulungagung, Bpk. Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag, dengan pelepasan secara simbolik melalui pemakaian jaz almamater kepada wakil peserta PPL.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa mahasiswa PPL di lokasi bukanlah berstatus mahasiswa lagi, melainkan mereka adalah sosok “Guru”. Sosok Guru, semuanya berbunyi. Artinya, apapun yang ada pada diri mahasiswa semuanya akan dinilai dan dijadikan uswah oleh peserta didiknya, bukan hanya dalam segi keilmuan saja, namun perilaku, sikap dan penampilan kalian semua adalah contoh bagi peserta didik di lapangan. Sambutan ini disambut tepuk tangan meriah oleh para mahasiswa peserta PPL, yang menunjukkan bahwa mereka memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa menjadi sosok “Guru” profesional.

PPL Jurusan Tarbiyah dilaksanakan selama 2 bulan sejak tanggal 19 Agustus sd 19 Oktober 2013, menyebar pada 46 Sekolah/Madrasah Mitra di 3 wilayah Kabupaten, yakni 41 Madrasah/Sekolah di Tulungagung, 5 Madrasah/Sekolah di Blitar, dan 2 Madrasah/Sekolah di Trenggalek. Adapun rincian lokasi PPL adalah 12 lokasi untuk tingkat MI, 12 lokasi untuk tingkat SLTA dan 22 lokasi untuk tingkat SLTP. Hal ini sebagaimana laporan Kepala Laboratorium Tarbiyah, Bpk. Fathul Mujib, M.Ag.

Dalam prakteknya di lapangan, mahasiswa PPL Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sebanyak 46 DPL, 299 Guru Pamong dan juga melibatkan 92 Guru Bimbingan Konseling. Ini menunjukkan bahwa Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung bersungguh-sungguh dalam menghantarkan dan membekali peserta didiknya menjadi calon Guru yang profesional dan memiliki rasa percaya diri yang kuat. PPL ini bukan sekadar formalitas saja, namun bagi mahasiswa yang tidak bersungguh-sungguh dan tidak mampu menunjukkan profil pendidik profesional yang beretika, maka tidak segan-segan mahasiswa PPL harus mengulang PPL nya di tahun depan. Hal ini sebagaimana sambutan Ketua Jurusan Tarbiyah, Bpk. Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I.

Nampak mahasiswa sudah membuktikan disiplin dan semangat yang tinggi untuk menuju ke lokasi PPL sebagaimana foto-foto yang berhasil panitia bidik sebagaimana dibawah ini. (red-Ch)

Skip to content