Peringati HAB ke-78 Kemenag RI, Rektor Ajak Kerja Keras Majukan UIN SATU Tulungagung

Kontributor:

Tulungagung – Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung), Abd. Aziz mengajak segenap civitas akademika untuk bekerja keras ikut serta membangun Kementerian Agama, terutama UIN SATU Tulungagung yang merupakan bagian dari Kementerian ini. Hal tersebut disampaikan dalam amanatnya sebagai pembina apel dalam apel peringatan HAB ke-78 Kemenag pada Rabu pagi (03/01/2023).
“Kementerian Agama, khususnya UIN SATU Tulungagung, adalah sawah ladang kita semua, yang harus kita jaga, pelihara, dan kembangkan,” kata Abd. Aziz.

Menurut Abd. Aziz ada beberapa harapan besar pada 2024 ini, yakni tiga program penting yang menjadi target UIN SATU Tulungagung, 50 persen program studi terakreditasi unggul, 50 hektar lahan baru, dan pembangunan gedung laboratorium terpadu yang akan dibangun di area lapangan yang sedang digunakan untuk acara apel tersebut.
Abd. Aziz juga menekankan bahwa anggaran pada tahun ini akan difokuskan untuk pengembangan dan penguatan prodi-prodi. Karena target unggul 50 persen program studi juga akan berdampak pada akreditasi universitas untuk juga mencapai peringkat unggul. Karena dengan akreditasi yang unggul akan banyak manfaat yang didapat oleh UIN SATU Tulungagung untuk bisa lebih maju.

“Dan target tersebut mungkin tidak akan tercapai tanpa semangat dan spirit yang sama seluruh civitas akademika UIN SATU Tulungagung,” kata Abd. Aziz.
Di akhir upacara acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 tahun untuk salah satu ASN UIN SATU Tulungagung atas nama Zaini Fasya yang merupakan Ketua Program Studi Magister Aqidah dan Filsafat Islam Pascasarjana UIN SATU Tulungagung. Juga diserahkan langsung oleh Rektor secara simbolik hibah buku untuk Sekolah Tinggi Agama Islam KH Muhammad Ali Shodiq (STAI MAS) Tulungagung.
Perlu diketahui bahwa apel ini merupakan acara puncak peringatan HAB ke-78 Kemenag yang jatuh pada tanggal 03 Januari 2024. Adapun beberapa sebelumnya sejak Rabu (27/12/2023) acara peringatan HAB Kemenag ini diisi dengan berbagai lomba mulai lomba permainan tradisional dan ketangkasan hingga pertandingan olahraga antara lain: Tenis Meja, Bola Voli, Badminton, Balap Karung, Estafet Tepung, Paku Botol, Balap Kelereng, Makan Kerupuk. Hadir sebagai juara umum adalah kontingen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan diikuti oleh kontingen dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan serta kontingen dari Rektorat.(*)
Skip to content