Perpustakaan UIN SATU Selenggarakan Pendidikan Pemustaka untuk Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022

Kontributor:

Tulungagung – Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung menyelenggarakan acara Pendidikan pemustaka (User Education) bagi mahasiswa baru pada Sabtu (11/09/2021) sebagai syarat mendapatkan Kartu Anggota Perpustakaan dan memanfaatkan fasilitas Perpustakaan UIN SATU Tulungagung.
Acara yang dilaksanakan secara Virtual Dari Tempat Tinggal (VDTT) ini diikuti oleh 4600 Mahasiswa baru dari total 5158 mahasiawa baru untuk strata 1 dan 514 mahasiswa baru strata 2 dan strata 3.
Kepala UPT Pusat Perpustakaan UIN SATU Drs. Samsul Huda, M.Pd.I. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pendidikan pemustaka ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru karena materi-materi yang disampaikan meliputi pengenalan layanan dan bagaimana prosedur mendapatkan layanan yang ada di perpustakaan.

"Dengan mengikuti Pendidikan Pemustaka ini saya berharap mahasiswa baru paham dan mengerti layanan yang ada dan bagaimana cara mendapatkan layanan perpustakaan," kata Samsul Huda.
Lebih lanjut kepala perpustakaan berharapan dengan adanya kegiatan Pendidikan Pemustaka ini mahasiswa baru dengan mudah menemukan referensi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat. "Materi-materi yang disampaikan harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai mahasiswa kebingungan mencari referensi karena tidak paham cara menggunakan OPAC (Online Publik Acces Catalog).” imbuhnya.
Turut hadir dan memberikan sambutan sekaligus membuka acara Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Abd. Azis M.Pd.I.. Dalam sambutannya Abd. Aziz berharap perpustakaan mampu memberikan pelayanan maksimal kepada pemustaka.
"Gedung yang memadai dan fasilitas yang baik semoga diimbangi oleh pelayanan yang maksimal," harapnya.
Abd. Aziz juga berharap perpustakaan UIN SATU ini bisa memberikan layanan 24 jam kepada pemustaka. "Jika tidak mungkin dilakukan secara langsung, perpustakaan harus membuat layanan melalui aplikasi-aplikasi yang bisa di akses selama 24 jam," terangnya.
Enam pemateri memberikan paparannya dan  penjelasan dengan detail. Endang Rifngati S.Sos. dengan materi layanan perpustakaan secara global, Arifah Wikansari, M.Pd.I. memberikan materi Tata-tertib, Sanksi dan Layanan Administrasi.
Sementara itu Anas Junaedi, S.T. membawakan materi  layanan sirkulasi, Erma Awalien Rochmah, S.E memberikan materi Koleksi perpustakaan, Saiful Rofiq S.AP. memberikan materi temu balik koleksi melalui Online Public Acces Catalog (OPAC) dan Laila Rif'atul Azizah, S.AP. menyampaikan tema E-Resources.
Acara semakin hidup dan semarak karena dipandu oleh moderator handal Muhammad Mustofa Lutfi, M.Pd.I. yang membagikan doorprize kepada 10  peserta. Satu doorprize diberikan kepada pengisi absen pertama, empat doorprize diberikan kepada pemenang kuis dan 5 doorprize diberikan 5 penanya dengan pertanyaan terbaik. (arifah/perpusuinsatu)
Skip to content