Prestasi Luar Biasa Diraih UIN SATU pada UM-PTKIN 2021

Kontributor:

Tulungagung – Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung mengukir prestasi luar biasa dalam penerimaan mahasiswa baru jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2021, karena tercatat UIN SATU masuk dalam 10 besar dalam beberapa kriteria dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh panitia pusat UM-PTKIN tahun 2021.
Pada Jum’at (18/06/2021) saat ditemui di kantornya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Abd. Aziz mengungkapkan, tercatat ada enam kriteria yang mencatatkan UIN SATU dalam pemeringkatan tersebut yang antara lain peringkat ke-2 PTKIN dengan Nilai Rerata Diterima Tertinggi rumpun keilmuan IPA oleh Program Studi Tadris Matematika, dan peringkat ke-10 PTKIN dengan Nilai Rerata Diterima Tertinggi pada bidang Keagamaan oleh program studi Pendidikan Agama Islam.

UIN SATU berada di peringkat pertama untuk kategori 10 PTKIN dengan Nilai Rerata Diterima Tertinggi rumpun keilmuan IPS yang yang diduduki oleh program studi Manajemen Bisnis Syariah. Selain itu, pada kategori ini juga ada lima program studi lain yang masuk 10 besar, yaitu Psikologi Islam di peringkat ke-4, Hukum Tata Negara di peringkat ke-6, Ekonomi Syariah di peringkat ke-8, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di peringkat ke-9 dan Psikologi Islam di peringkat ke-10.
Tak hanya itu saja, UIN SATU juga menempati peringkat teratas pada pemeringkatan 10 PTKIN dengan Nilai Rerata Diterima Tertinggi pada program studi Bahasa Lainnya diraih peserta pada program studi Tadris Bahasa Indonesia yakni pada peringkat ke-1, ke-2, ke-7, ke-10.
Pelaksanaan UM-PTKIN Tahun 2021 diikuti oleh 100.038 peserta. Dari jumlah tersebut, UIN SATU menjadi PTKIN peringkat 10 jumlah pendaftar terbanyak di antara 58 Perguruan Tinggi yang melaksanakan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tersebut. Tulungagung juga menempati 10 besar PTKIN dengan Nilai Peserta Tertinggi ke-6.
“Alhamdulillah, ini kado indah bagi kami setelah turunnya Perpres terkait perubahan bentuk IAIN Tulungagung menjadi UIN SATU Tulungagung,” kata Abd. Aziz yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tulungagung ini.
Disebutkan juga oleh Abd. Aziz, tak hanya UIN SATU Tulungagung yang meraih prestasi bagus dalam UM-PTKIN 2021 ini, Kabupaten Tulungagung sebagai tempat berdirinya UIN SATU juga mendapatkan prestasi bagus, pasalnya Kabupaten Tulungagung tercatat menjadi Kota/Kabupaten asal pendaftar UM-PTKIN terbanyak ke-2.
Tak lupa, mewaikili segenap civitas akademika UIN SATU, Abd. Aziz mengucapkan selamat dan sukses kepada peserta UM-PTKN 2021 yang telah lolos. Adapun yang belum lolos bisa mencoba lagi untuk mendaftar melalui Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri atau SPMB Mandiri yang sudah dibuka hingga 28 Juni 2021 mendatang.
Sementara itu, Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin, saat dikonfirmasi menyampaikan, bahwa pihaknya merasa bersyukur karena dari hasil pemeringkatan tersebut berarti input dari UIN SATU Tulungagung dalam perkembangannya semakin membaik.
“Semoga ini menjadi modal besar kita untuk mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing memberikan kontribusi dalam membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik.” kata Rektor.(humas)
Skip to content