Rektor Lantik 39 PPPK Formasi Tahun 2022 Hasil Optimalisasi

Kontributor:

Tulungagung — Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. melantik 39 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tahun 2022 hasil optimalisasi pada Jum’at siang, 22 Desember 2023. Pelantikan berlangsung secara hybrid, dengan diawali prosesi pembukaan dari kantor pusat Kementerian Agama, Jakarta.
Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali menyampaikan pengarahan pada pelantikan secara nasional 10.300 PPPK formasi tahun 2022 hasil optimalisasi Kemenag. Mereka berasal dari satuan kerja Kemenag se-Indonesia.

“Dengan penambahan optimalisasi pengangkatan 10.300 PPPK, diharap Kemenag bisa menjadi motor penggerak implementasi moderasi beragama,” pesan Sekjen, Jumat (22/9/2023).
Dalam pengarahannya, Nizar menghimbau agar para PPPK dapat bertransformasi menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang smart dan moderat dengan memiliki komitmen kebangsaan yang kuat.
“Saya ingin seluruh ASN Kemenag bertransformasi menjadi ASN yang smart dan moderat,” tegas Sekjen.
Nizar juga berpesan, pegawai yang sudah dilantik agar dapat memberikan pelayanan prima dan membantu mengatasi persoalan di masyarakat.
“Saudara harus memberikan pelayanan terbaik bagi umat. Jemput persoalan-persoalan di masyarakat, jangan merasa lelah, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengabdi,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Biro Kepegawaian Nuruddin menyebut pelantikan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyelesaikan status pegawai Non ASN yang selama ini telah mengabdi di Kementerian Agama.
“Rangkaian dari pelaksanaan seleksi pengadaan PPPK Kemenag formasi tahun 2022 telah melalui beberapa tahapan seleksi sebelumnya guna menghasilkan PPPK yang berkualitas dan siap bekerja secara profesional,” ujar Nuruddin.
Setelah selesainya acara pembukaan secara terpusat dari Jakarta, acara dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah. Pada kesempatan ini, selain melantik PPPK Formasi Tahun 2022 Hasil Optimalisasi, Rektor juga melantik 17 dosen dalam jabatan Asisten Ahli.
Dalam arahannya Rektor berpesan 3 hal. Pertama, Rektor mengajak kepada seluruh terlantik agar senantiasa bersyukur dengan capaian yang diperoleh hari ini.
“Saya mengajak Bapak dan Ibu semua untuk senantiasa bersyukur atas apa yang telah dicapai hingga hari ini. Untuk diketahui, di sana banyak yang  menginginkan jabatan yang saat ini Bapak dan Ibu emban,” terang Rektor.
Kedua, Rektor berpesan agar setelah dilantik, para dosen dan tenaga pendidikan di lingkungan UIN SATU Tulungagung tidak buru-buru ganti gaya, dan jangan mati rasa. Ketiga, Rektor berpesan agar semua yang terlantik hari ini selalu berkomitmen pada lembaga dan negara.
Di akhir pengarahannya, Rektor mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat hingga tahap pelantikan hari ini. Mulai dari Menteri PAN-RB, Menteri Agama RI, Sekretaris Jenderal Kemenag RI, Dirjend Pendis, Kepala Biro Kepegawaian Kemenag RI, Direktur Diktis, serta seluruh aparatur yang turut serta dalam proses rekrutmen PPPK Formasi Tahun 2022.
“Kami menyampaikan terima kasih kepada Menteri PAN-RB dan Menteri Agama RI beserta jajarannya atas penambahan optimalisasi pengangkatan PPPK, khususnya pada UIN SATU Tulungagung,” ucap Rektor.
Turut menjadi saksi dalam penandatanganan berita acara, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag., Wakil Rektor Bidang AUPK, Syaifudin Zuhri, M.A., dan Kepala Biro AUPK, Dr. H. Mamat Rahmatullah, M.M. Tampak hadir dalam pelantikan para Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, para Dekan dan Wakil Dekan, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, dan para Kepala Bagian dan Kepala Subbagian. (*)
Skip to content