Rektor UIN SATU Buka Rapat Kerja FASIH Tahun 2024

Kontributor:

Malang — Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) membuka Rapat Kerja Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) Tahun 2024 yang diselenggarakan di Surya Hotel and Cottage Prigen Pasuruan pada Rabu (24/01/2024). Rencananya kegiatan ini sebagaimana jadwal diselenggarakan mulai Rabu (24/01/2024) sampai dengan Jum’at (26/01/2024). Adapun rapat kerja tersebut mengusung tema ’’Managerial Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum melalui Kompilasi dan Digitalisasi Dokumen Tridharma Perguruan Tinggi’’.
Dalam arahannya sebelum membuka acara, Rektor menyampaikan bahwa tahun 2024 merupakan tahun akeditasi prodi dan institusi. Target yang diharapkan dalam pelaksanaan akreditasi ini adalah unggul. Tentunya, untuk mewujudkan hal tersebut harus ada perencanaan matang dan setiap fakultas maupun prodi harus memahami tugas pokok fungsinya. Aspek yang perlu menjadi kesepakatan adalah persiapan yang optimal dan serius untuk menyongsongnya.

‘’Kita tahu bahwa FASIH merupakan Fakultas yang masih memiliki 3 prodi tetapi jumlah mahasiswa terbanyak dibandingkan yang lainnya. Tugas dari Fakultas harus siap memberikan pelayanan kepada mahasiswa dan harus bisa meningkatkan branding kampus agar tidak tersaingi dengan kampus-kampus yang lain,” jar Rektor.
Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan branding kampus, UIN SATU Tulungagung telah berupaya menambah jumlah tenaga kependidikan dengan menugaskan tenaga pramubhakti yang disebarkan di berbagai unit mulai dari rektorat, pascasarjana, unit lembaga hingga fakultas.
Selanjutnya, melalui Program Beasiswa Kerja yang ditunjukkkan dengan adanya seleksi Penerimaan Beaseswa Kerja bagi mahasiswa UIN SATU dengan syarat memiliki kualifikasi yang ditentukan sesuai kebutuhan unit. Adapun jumlah Mahasiswa Beasiswa kerja di antaranya 50 Orang yang ditugaskan di unit kampus, Sisanya 50 Orang bertugas sebagai Konten Kreator yang bertanggung jawab untuk melakukan branding kampus dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki. Strategi branding kampus ini mengedepankan mahasiswa yang memiliki follower ribuan bahkan jutaan.
‘’Ternyata, di UIN SATU yang justru kampusnya berada di pelosok tetapi banyak juga mahasiswa kita yang memiliki follower ribuan, jutaan bahkan milyaran. Nah, hal ini justru sangat penting untuk membantu branding kampus,’’ kata Rektor.
Selain itu Rektor juga menyampaikan pesan kepada seluruh peserta yang pertama mengenai Pengelolaan Anggaran harus direncanakan dan distribusi yang jelas, kedua, peningkatan kompetensi dosen yang harus selalu disiapkan mengingat perkuliahan akan dilaksanakan kembali di tanggal 5 Febuari 2024 mendatang dan ketiga program yang ada di universitas harus diintegrasikan dengan program yang akan dilaksanakan di Fakultas agar keduanya saling sinkorn dan tetap terbangun komunikasi intensif demi suksesnya akreditasi.
Sebelumnya, Dekan FASIH UIN SATU Tulungagung, Ahmad Muhtadi Anshor menyampaikan laporannya bahwa kegiatan Raker FASIH tahun 2024 ini diikuti 70 orang peserta. Rapat kerja tahunan ini juga diikuti oleh pejabat akademik dan struktural, mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Ketua LPM Ketua LP2M, Kepala SPI,Dekan dan Wakil Dekan, Kajur dan Sekjur, Koorprodi, Kabag beserta seluruh Dosen  Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum serta melibatkan pihak luar seperti notaris yang turut ikut serta dalam acara rapat kerja tahun ini.
Disampaikan juga oleh Ahmad Muhtadi Ansor, bahwa Rapat Kerja tahun ini lebih difokuskan untuk membahas evaluasi kerja dan penataan kembali tata kelola kinerja di FASIH. Selanjutnya, penyusunan akreditasi khususnya untuk Program Studi Hukum Tata Negara, dilanjutkan dengan pelaksanaan input data di Sistem Informasi Penelitian & Pengabdian Masyarakat (Sipinmas).(ulfi)

 

Skip to content