Sambut Hari Santri 2023, UIN SATU Tulungagung Gelar PPBKM

Kontributor:

Tulungagung – Menyambut datangnya Hari Santri 2023 yang jatuh pada 22 Oktober 2023, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) menggelar Pekan Pengembangan Bakat dan Kreativitas Mahasiswa (PPBKM) Tahun 2023. Event ini adalah merupakan pertandingan dan lomba yang digelar setiap tahun dengan mempertandingkan dan memperlombakan beberapa cabang olahraga, seni, dan akademik. Adapun pelaksanaannya pada 11 sampai dengan 16 Oktober 2023 mendatang.

Sebagaimana yang tercantum dalam pengumuman pendaftaran peserta, ada sebelas cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni: Tenis Meja, Bulutangkis, Catur, Panjang Dinding, Pencak Silat, Karate, Taekwondo, Futsal dan Bola Voli. Untuk bidang seni ada delapan cabang lomba, yakni: Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ), Musabaqah Syarh Al Quran (MSQ), Kaligrafi, Puitisasi Al Qur’an, Pop Solo Islami, Da’i, dan Film Pendek.


Sementara itu pada lomba bidang ilmiah ada sembilan cabang lomba, yakni: Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Debat Konsitusi, Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ), Musabaqah Karya Tulis Al Qur’an (MKTQ), Karya Inovasi Sosial Keagamaan, Karya Inovasi Media Pembelajaran, Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK), dan Bussines Plan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN SATU Tulungagung, Prof. Abad Badruzaman menyampaikan bahwa hari santri merupakan momentum yang tepat untuk merayakan sekaligus menebar nilai-nilai kesantrian: kesederhanaan, persaudaraan, kecintaan pada ilmu, takzim pada guru, dan hormat pada sesama. Oleh karena itu dengan adanya event tersebut, maka nilai-nilai kesantrian itu dapat semakin tumbuh.

Menurutnya, dalam semangat dan tarikan nafas kesantrian, UIN SATU selalu merayakan Hari Santri dan mengisinya dengan aneka kegiatan, baik perlombaan maupun pertandingan serta ajang-ajang keilmuan lainnya.

“Dalam kerangka makna dan nilai-nilai kesantrian, semata sebagai ikhtiar kecil masyarakat akademik UIN SATU memajukan bangsa dan menjayakan negeri,” kata guru besar yang popular dengan sebutan Abah ini.

Tak hanya itu, pada beberapa event pertandingan dan lomba tersebut, diharapkan juga akan muncul bakat-bakat yang mungkin untuk bisa direkomendasikan untuk membela UIN SATU Tulungagung di ajang regional maupun nasional, di antaranya Olimpiade Agama, Sains dan Riset (OASE) PTKI, Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) PTKI, dan  Pekan Olah Raga Riset dan Seni (PORSI) yang merupakan event PTKIN se-Jawa dan Madura.(*)

 

Skip to content