Sekretaris Dirjen Pendis Lakukan Peletakan Batu Pertama Gedung FEBI

Kontributor:

(Tulungagung) Minat tinggi masyarakat terhadap Fakultas Ekonomi dan Islam (FEBI) IAIN Tulungagung mendapatkan tambahan angin segar. Pasalnya pagi ini, Rabu, 26 Mei 2015 pembangunan gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Tulungagung dimulai. Hal ini ditandai dengan pelaksanaan secara simbolik pemasangan tiang pancang pertama yang dilakukan oleh Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam, Dr. H. Muhammad Isom Yuski, M.Ag..

Acara yang berlangsung singkat dan sederhana dilaksanakan di lahan yang berada di sebelah timur gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan (FATIK) tersebut dihadiri oleh Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Timur, Kejaksaan Negeri Tulungagung dan beberapa instansi terkait serta tokoh masyarakat di Tulungagung.

Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan, bahwa gedung tersebut direncanakan dibangung 6 lantai. Hal tersebut menjawab akan kebutuhan ruang perkuliahan yang cukup banyak bagi mahasiswa FEBI yang nota bene memiliki peminat cukup besar dibandingkan jurusan yang lain. Apalagi baru saja FEBI menambah jurusan baru di samping Ekonomi Syari’ah dan Perbankan Syari’h, yakni jurusan Akuntansi Syari’ah.

“Proyek ini dikerjakan oleh PT Tirta Restu Ayunda, Surabaya dan ditargetkan selesai akhir tahun 2015, sehingga mahasiswa yang sekarang masih menggunakan Gedung Pascasarjana bisa menggunakan gedung perkuliahan yang baru”, kata Rektor.

Sementara itu, Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam, Dr. H. Muhammad Isom Yuski, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan, bahwa anggaran pembangunan gedung tersebut bersumber dari Surat Berharga Syari’ah Negara(SBSN) tahun 2015.

Masih menurut Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam, anggaran tersebut oleh pemerintah dianggarkan untuk pembangunan di beberapa kementerian. Di Kementerian Agama anggaran tersebut dimanfaatkan oleh Ditjen Penyelenggaraan Haji Umroh (PHU), Bimas Islam dan Pendis.

“IAIN patut bersyukur, karena dari 7 PTKIN yang ada di seluruh Indonesia hanya IAIN Tulungagung lah yang mendapatkan jatah pembangunan dengan 6 lantai. Dan kami berharap ini akan bisa menjadikan IAIN Tulungagung lebih memiliki wibawa”, ujar Dr. H. Muhammad Isom Yuski, M.Ag.

Dr. H. Muhammad Isom Yuski, M.Ag. juga menyampaikan, bahwa pihaknya berharap, dengan ketersediaan gedung tersebut diikuti juga dengan peningkatan sumber daya manusianya, dalam hal ini dosen pengajar. Sehingga nantinya betul-betul bisa menghasilkan alumni yang profesional dan tangguh serta diperhitungkan secara nasional maupun internasional.

Adapun upacara tersebut diakhiri dengan pemotongan 2 tumpek yang dilakukan oleh Rektor IAIN Tulungagung yang kemudian diserahkan kepada Dr. H. Muhammad Isom Yuski, M.Ag. dan pengasuh PP Nurul Huda Plosokandang, Kyai Abdul Kholiq. (humas)

Skip to content