Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan Kedua Berjalan Lebih Tertib dan Semarak

Kontributor:

Surabaya – Penyelenggaraan sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan 2 tahun 2021 yang digelar oleh Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung bersama Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur berlangsung dengan tertib dan semarak. Kegiatan tersebut dimulai pada Senin (29/11/2021) malam pukul 19.00 WIB di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Kegiatan ini merupakan gelombang kedua setelah pada 15 sampai dengan 25 November 2021 lalu dilaksanakan gelombang pertama.
Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (Dr. H. A. Rizqon Khamami, Lc., M.A) menegaskan bahwa sertifikasi berjalan dengan tertib, dikarenakan setiap perserta wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah digariskan oleh Satgas Covid-19 Kota Surabaya. Adapun penyelenggaraan sertifikasi kali ini lebih semarak karena tidak hanya dihadiri oleh peserta dari Jawa Timur melainkan juga dari Bali dan NTT.

Peserta sertifikasi kali ini terdiri dari beberapa unsur yang di antaranya adalah: Kepala KUA se-Jawa Timur, Kepala seksi dan utusan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umroh Republik Indonesia, FK PATUH (Forum Komunikasi Penyelenggara Umroh dan Haji Khusus), SAPUHI (Serikat Penyelenggara Umroh dan Haji Indonesia), DPW Fatayat NU serta DPW Muhammadiyah.
Kasi Penyelenggara Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Moh. Ersat mengatakan bahwa salah satu persyaratan lulus sertifikasi pembimbing haji adalah komitmen untuk menjalankan pakta integritas yang telah ditandatangani oleh setiap peserta, berisi tentang kesanggupan untuk mematuhi tata tertib sertifikasi di antaranya. Pertama, setiap peserta menjalani proses karantina selama sepuluh hari mulai dari hari senin, 29 November 2021 sampai dengan Rabu, 8 Desember 2021, di mana setiap peserta tidak diperkenankan untuk keluar wilayah asrama Haji Sukolilo dan tidak boleh menerima tamu. Kedua, setiap peserta menjalani uji komptensi yang meliputi; kompotensi kognitif, kompetensi manajerial, kompetensi kepemimpinan, kompetensi komunikasi, praktek manasik haji, ujian tulis dan ujian wawancara.
Pembukaan sertifikasi gelombang kedua ini dipimpin langsung oleh Dirjen PHU, Prof. Hilman Latief, Ph.D. secara online, didampingi oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Husnul Maram, M.H.I. dan didampingi pula oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. H. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag). Kedua belah pihak sepakat dan berkomitmen untuk mencetak Pembimbing Manasik Haji yang Kredibel, Kompeten dan Profesional dalam melayani jamaah Haji dan Umroh Republik Indonesia.
Tim panitia sertifikasi dibentuk dari kedua belah pihak, di mana satu sama lain bekerja dengan sinergis dan kooperatif. Panitia dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dikomandani oleh Dr. Allauddin. Adapun Asesor Haji terdiri dari 8 orang, yaitu kombinasi dari  Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dan UIN Satu Tulungagung, tutur  H. Mukti Ali, S.Ag., M.M.  Adapun koordinator panitia dari UIN SATU Tulungagung dinahkodai oleh Kajur Manajemen Dakwah, Dr. Ahmad Nucholis, SS., M.Pd., dan dari unsur mahasiswa beranggotakan:  Neneng Barotut Taqiyah, Diya' Annisaul Fauziyah, Nurul Kifayah, Bima Surya F. Much. Machrus Zaman dan Hasan Basri. (fuad)
Skip to content