SSE UM-PTKIN Tahun 2024 Tilok UIN SATU Tulungagung Berakhir Lancar

Kontributor:

Tulungagung—Sebanyak 2.759 pendaftar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2024 mengikuti Sistem Seleksi Elektronik (SSE) di Titik Lokasi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung. Angka ini mencakup 93,34% dari total 2.956 peserta yang memilih lokasi SSE di UIN SATU Tulungagung.

SSE UM-PTKIN Tahun 2024 Tilok SSE di UIN SATU Tulungagung berlangsung selama 6 hari, mulai Senin, 24 Juni 2024, dan berakhir hari ini, Minggu, 30 Juni 2024, dengan lancar. SSE dilaksanakan sebanyak 17 sesi. Dalam pelaksanaan tersebut, UIN SATU Tulungagung menyiapkan 9 ruang dengan 194 komputer di Gedung Laboratorium Terpadu UIN SATU Tulungagung.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. Dr. Abad Badruzaman, selaku ketua panitia lokal SSE UM-PTKIN, mengatakan bahwa pelaksanaan ujian berjalan lancar tanpa kendala. Hal ini tidak lepas dari persiapan yang dilakukan sebelumnya, mulai dari sarana prasarana hingga dibentuknya kepanitiaan lokal.

“Sejak hari pertama pelaksanaan SSE UM-PTKIN Senin lalu, semua proses ujian berjalan dengan lancar. Sarana dan prasarana sudah disiapkan dengan baik dan diperiksa sebelum ujian dimulai. Tim PJ Ruang, PJ IT, serta seksi lain dalam kepanitiaan lokal telah bekerja dengan optimal,” ucap Prof. Abad.

Prof. Abad menyampaikan ada satu peserta yang mengikuti ujian susulan. Peserta tersebut tidak bisa mengikuti ujian sesuai jadwal yang tertera pada kartu ujian karena pada hari tersebut sedang sakit dan harus opname di rumah sakit. Melalui aplikasi SAPA, permintaan peserta untuk mengikuti ujian susulan dipenuhi oleh panitia nasional, dan ujian susulan dilaksanakan pada Sesi ke-17.

Sementara itu, Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Abd. Aziz, menyampaikan apresiasi kepada panitia lokal dan panitia pusat atas kesiapan dalam menyiapkan SSE UM-PTKIN tahun ini. Kematangan dalam persiapan serta koordinasi yang intens antara panitia lokal dan panitia nasional adalah kunci dari kelancaran SSE.

“SSE UM-PTKIN Tahun 2024 berjalan dengan khidmat dan lancar atas kerjasama dari semua pihak, baik panitia lokal maupun panitia nasional. Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya,” kata Rektor.

Secara nasional, pelaksanaan SSE UM-PTKIN tahun ini juga berjalan lancar. Keberhasilan ini mendapat apresiasi dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholis Qoumas. Menag mengapresiasi pendekatan digital dalam pelaksanaan SSE UM-PTKIN. Menurutnya, ini bagian dari upaya kampus dalam merespons tantangan dan sekaligus menjawab kebutuhan zaman.

“Saya harap SSE UM-PTKIN ini dapat menarik minat dan membangkitkan semangat generasi Z untuk kuliah di PTKIN,” ucap Menag.

Menag juga menegaskan bahwa SSE UM-PTKIN menjadi jaminan proses seleksi berjalan secara transparan, fair, dan akuntabel. SSE UM-PTKIN dapat menjawab tantangan di zaman yang serba online dan digital.

Sebagai informasi, pendaftar yang memiliki minat kuliah di UIN SATU Tulungagung pada jalur UM-PTKIN tahun 2024 cukup besar. Tahun ini sebanyak 9.097 pendaftar memilih UIN SATU Tulungagung untuk melanjutkan studi di jenjang S-1. Dengan jumlah tersebut, UIN SATU Tulungagung berada dalam 10 besar perolehan pendaftar Pilihan 1 dari 59 kampus di Indonesia yang menerima mahasiswa melalui Jalur UM-PTKIN.

Editor: Muhlasin
Photographer: Aynur Rohmad Pratama
Skip to content