Studium General FTIK; Meneguhkan Karakter Mahasiswa Berwawasan Islam di Nusantara

Kontributor:

(Tulungagung)Kamis, 3 September 2015 bertempat di Lapangan Utama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung telah diselenggarakan acara Studium General Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Acara Studium General ini dimulai pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh lebih dari 3500mahasiswa, dosen, dan karyawanFTIK. Acara ini diwajibkan bagi mahasiswa FTIK. Mahasiswa FTIK sudah berkumpul mulai pukul 06.30 WIB di tempat berlangsungnya acara dengan memakai dresscode baju putih. Hal ini dimaksudkan karena selain diselenggarakan acara Studium General juga dilaksanakan Doa Bersama Awal Perkuliahan semester ganjil Tahun Akademik 2015/2016.

Acara doa bersama ini dimulai pukul 07.00 WIB dan diawali dengan tawassul kepada para pendiri dan pendahulu kampus. Bertindak selaku pemimpin zikir dan istigosah adalah KetuaJurusan PAI, Muh. Nurul Huda, S.Pd, M.A.. Dalam pelaksanaannya, prosesi doa bersama  berjalan dengan khusyu’ dan lancar tanpa ada kendala.

“Acara doa bersama ini dimaksudkan sebagai munajat kepada Allah SWT agar dikaruniai kelancaran dan keselamatan tidak hanya untuk mahasiswa, karyawan  dan dosen, tetapi juga untuk segenap civitas akademika IAIN Tulungagung.”, kata Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung, Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I.

Adapun acara Studium General FTIK dibuka langsung oleh Rektor IAIN Tulungagung, Dr. Maftukin, M.Ag. yang sebelumnya diawali dengan sambutan Dekan FTIK, Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I.. Sedangkan materi Studium General FTIK disampaikan oleh Dr. K.H. Yahya Zainul Maarif atau yang lebih dikenal dengan nama Buya Yahya. Studium General FTIK ini mengambil tema “Meneguhkan Karakter Mahasiswa Berwawasan Islam di Nusantara”.

“Dengan mengambil tema ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa FTIK khususnya mahasiswa baru, karena mahasiswa baru diibaratkan seperti kertas putih yang belum tertulisi sehingga dengan tema ini diharapkan dapat memberikan catatan yang baik diawal perkuliahan.”, kata Dr. Maftukhin, M.Ag. dalam sambutannya.

Acara Studium General ditutup dengan penyerahan piagam dan trofi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan kepada mahasiswa berprestasi masing-masing jurusan dan juara umum FTIK. Untuk setiap jurusan diambil tiga mahasiswa dengan IPK terbaik semester genap tahun akademik 2014/2015. Sedangkan untuk juara umum FTIK diambil satu mahasiswa dari semua jurusan dengan IPK terbaik semester genap tahun akademik 2014/2015. Piagam penghargaan dan tropi ini dimaksudkan agar mahasiswa FTIK semakin termotivasi untuk lebih berprestasi lagi. (ftik)

Skip to content