Tiga Stand UIN SATU Berpartisipasi pada Ekspo Karya Inovasi OASE II yang Dibuka Wamenag RI

Kontributor:

Jakarta – Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) ikut sertakan tiga stand dalam Ekspo Karya Inovasi yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Olimpiade Agama, Sains, dan Riset Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (OASE PTKI) II yang diselenggarakan pada Rabu – Jum’at (14-17/06/2022) di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Perlu diketahui bahwa peserta Ekspo Karya Inovasi ini terdiri dari PTKI yang sebelumnya sudah mengikuti babak penyisihan yang telah dilaksanakan pada tanggal 22-26 Mei lalu secara daring.
 
Ketiga stand pameran yang diikutkan dalam ekspo tersebut yaitu, pertama hasil riset yang disebut dengan SATU Nano, yakni pemanfaatan selulosa nanokristalin dari tongkol jagung dan ampas tebu sebagai bahan penyusun kapsul obat.

Stand kedua adalah stand yang memamerkan aplikasi android bernama Almaali, yaitu Islamic Fintech sebagai inovasi pemberdayaan UMKM untuk mencapai sustainable development goals (SDGs) melalui literasi keuangan syariah di era digital.
Sedangkan stand yang ketiga adalah stand yang memamerkan tentang inovasi yang disebut ecomuslim, yakni semacam membangun komunitas yang ditujuan untuk penguatan ecotheology Qur’ani melalui komunitas pemuda sebagai edukasi krisis iklim.
Adapun stand yang diselenggarakan di Gedung Hall Student Center UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut dibuka langsung oleh Wakil Menteri Agama Republik Indonesia (Wamenag RI), Zainut Tauhid Sa’adi seusai pembukaan OASE II oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas di Gedung Aula Prof. Dr. Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Pembukaan Ekspo dilaksanakan dengna ditandai pemotongan pita oleh Wamenag Ri. Dilanjutkan dengan kunjungan Wamenag ke beberapa Expo yang ada di gedung tersebut.
Dalam kesempatan tersebut Wamenag RI menyampaikan bahwa OASE ini merupakan salah satu kompetisi bergengsi. Dia menyampaikan harapannya supaya kegiatan tersebut dapat memotivasi mahasiswa serta perguruan tinggi, terkhusus PTKI dalam menggapai prestasi di tingkat nasional serta internasional.
"Saya harapkan para peserta dapat berkompetisi secara sehat, mengandalkan basis keilmuannya baik pada nilai-nilai agama, sains maupun riset," ujarnya usai memotong pita tanda dibukanya Ekspo Karya Inovasi OASE PTKI II 2023.(*)
Skip to content