Tim Bola Voli IAIN Tulungagung Dikandaskan Unesa di Perempat Final

Kontributor:

Solo – Tim volley IAINTA gagal melaju ke babak semifinal setelah dikalahkan tim UNESA 1-3 dalam lanjutan Liga Volley Mahasiswa 2018. Diperkuat pemain bola voli pantai Jawa Timur, tim Unesa mengacak-acak pertahanan tim IAIN Tulungagung yang  selama ini dikenal solid. Blok yang dibangun oleh mancung, ropat dan rudi bobol oleh smesh tajam pemain unesa yang tingginya rata-rata 195 cm.

Set pertama Aji dan kawan-kawan benar-benar didekte oleh tim yang berkampus di Lidah Wetan Surabaya itu. Tertinggal di waktu timeout pertama 4-8, tim IAINTA belum bisa bangkit di timeout kedua, skor 8-16. Set pertama ini diakhiri dengan skor 15-25.

Dalam waktu istirahat, official tim, Ahmad Fauzi berusaha untuk membangkitkan kepercayaan diri Aji dan kawan-kawan. Usaha itu tampak berhasil. Skor saling mengejar di set kedua sebelum ditutup 7-8 di timeout pertama oleh Unesa. Merasa mendapat feeling ball yang baik, tim IAIN Tulungagung terus menekan pertahanan lawan. Kombinasi quicker Ropat dan Mancung beberapa kali berhasil mendaratkan smes kerasnya. Namun Unesa selalu dapat membalas hingga skor 23-23. Dalam sekali servis set kedua berhasil dimenangi oleh IAIN Tulungagung.

Keadaan kembali berbalik. Di set ketiga IAIN Tulungagung tidak bisa mempertahankan permainan. Skor pun tertinggal 5-8 di timeout pertama dan terus tertinggal 15-23. Sempat menambah 3 angka, set ketiga ditutup 18-25.

Di set keempat, upaya untuk bangkit di tunjukkan IAIN Tulungagung, namun grafik permainan Unesa sedang naik. Smes yang dilancarkan seakan membentur tembok membuat frustasi Mancung dan kawan-kawan. Keadaan yang demikian berhasil dimanfaatkan oleh lawan hingga skor menjauh 9-16. Tertinggal jauh membuat drop mental IAIN Tulungagung hingga set ini di tutup 17-25.

"Kita mendapatkan pelajaran yang sangat berharga dari tim Unesa. Bagaimana tim ini mengkoordinasikan serangan dan pertahanan dengan sangat baik. Anak-anak juga perlu menata mentalnya sehingga tidak grogi menghadapi lawan yang setingkat di atas kita. Sangat bermanfaat untuk mengikuti turnamen semacam ini. Semoga tahun depan kita bisa berpartisipasi kemvali dalam Liga Bola Voli Mahasiswa ini", ujar coach Sanday Prasetya.(humas)

Skip to content