Tim Bola Voli IAIN Tulungagung Melaju ke Perempat Final Gama Cup IV

Kontributor:

Yogyakarta – Setelah menyelesaikan semua pertandingannya hingga hari ketiga turnamen Gadjah Mada Cup IV pada Rabu (23/10/2019), tim Bola Voli putra dan putri IAIN Tulungagung akhirnya melenggang ke perempat final Gama Cup IV setelah mengalahkan lawan-lawannya. Di pertandingan pertama tim putri mengalahkan Universitas Telkom Bandung dengan skor 2-0.

Tertinggal lebih dulu 2 angka di awal set pertama, Dhea dan kawan-kawan mampu membalik keadaan dan menutup time out pertama dengan 8-3. Dengan percaya diri tim yang baru saja menjadi juara I  PIONIR IX di Malang itu memborbardir pertahanan Universitas Telkom hingga interval kedua skor menjadi 16-9. Tak ingin membuang-buang waktu, Elin dan kawan-kawan menutup set pertama dengan 25-17.

Dengan kepercayaan diri yang sudah naik, tanpa kesulitan tim IAIN Tulungagung mengumpulkan angka hingga 8-2. sempat mengejar ketertinggalan, akhirnya interval kedua ditutup dengan 16-7. Tim Telkom melakukan perubahan dengan memasukkan pemain baru. Masuknya pemain baru membuat pertahanan mereka menjadi solid dan tidak mudah ditembus. Dengan susah payah mereka mengumpulkan angka, sebelum ditutup dengan 25-15. Dengan kemenangan ini Tim IAIN Tulungagung melangkah ke babak perempat final dan berhadapan dengan Tim Universitas Jember.

Sementara itu partai hidup mati tersaji dalam pertandingan tim putra antara IAIN Tulungagung melawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Berbekal 2 kali kemenangan, posisi Aji dan kawan-kawan belum aman betul untuk lolos dari group Z.

Bermain menekan, tim IAIN Tulungagung langsung menutup interval pertama dengan 8-3. Kombinasi smes dan quick menambah pundi-pundi angka tim yang bermarkas di Plosokandang ini dengan 16-9 di interval kedua. Sempat mengejar angka hingga 20-20, Aji dan kawan-kawan menutup set pertama dengan 25-22.

Kemenangan di set pertama membuat lengah tim IAIN Tulungagung. Tertinggal 0-4, membuat mereka tersentak dan mengejar angka hingga kedudukan 7-8. Kepercayaan diri yang sudah naik membuat permainan tim UMY makin berkembang hingga interval kedua ditutup dengan 14-16. Tim IAIN Tulungagung berada dalam tekanan hingga skor 17-21. Pelatih M. Fatkhur mencoba membuat perubahan dengan memasukkan toser baru menggantikan Aji. Perubahan ini membawa hasil hingga kedudukan 24-23. Kesalahan kecil terjadi di sektor pertahanan membuat keadaan berbalik dan tim UMY menuntaskan set kedua dengan 24-26.

Mengetahui keadaan tim dalam tekanan kembali, M. Fatkhur kembali melakukan rotasi dengan menarik Rian dan memasukkan Andi di set penentuan. Langsung leading hingga 7-3, pertengahan set ditutup dengan 8-4. Berada di atas angin membuat permainan tim IAINTA menjadi berkembang. Dengan mudah angka demi angka diraih hingga tim UMY tertinggal jauh 12-4. Tak ingin berlama-lama Mancung dan kawan-kawan menuntaskan set ketiga dengan 15-7. Dengan kemenangan ini, tim IAIN Tulungagung akan menghadapi tim Universitas Negeri Semarang di Perempat final. (fauzi)

Skip to content