TOT Pembelajaran Dosen Muda Non Tarbiyah

Kontributor:

Pada hari Jum’at-Sabtu, tanggal 7-8 Desember 2012 bertempat di Hotel Narita, Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung mengadakan Training of Trainer (TOT) Pembelajaran bagi Dosen Muda Non Tarbiyah yang dibuka langsung oleh Ketua STAIN Tulungagung, Dr. Maftukhin, M.Ag (foto no 2 dari kiri). Dalam sambutannya, Ketua STAIN menyampaikan bahwa mengajar adalah seni yang terintegrasi dalam karakter Dosen. Untuk mendapatkan karakter yang sesungguhnya, maka strategi pembelajaran yang digunakan dalam PBM itu sesungguhnya bisa dipelajari, sehingga slogan Al-thâriqah ahammu min al-Mâdah bisa juga berlaku sebaliknya Al-Mâdah ahammu min al-Thâriqah.

TOT pembelajaran yang diikuti 30 peserta dosen muda ini mendatangkan narasumber dari Yogjakarta, yaitu Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag (foto no 2 dari kanan) dan Dr. Abdul Munip, M.Ag (foto paling kiri) dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi Dosen dalam proses pembelajaran, sebagaimana yang disampaikan Ketua Penyelenggara TOT, Dr. Abd Aziz, M.Pd.I (foto paling kiri) selaku Kepala Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung.

Proses pembelajaran dalam TOT berlangsung sangat menyenangkan, karena dikemas dengan model pembelajaran yang aktif-kreatif, dimulai dari brainstorming, penyampaian materi, presentasi, strategi jeda pembelajaran, dan lain sebagainya. Berbagai macam strategi yang pembelajaran diantaranya: concept map, card short, pencarian materi, every one is teacher, team investigation, physical self assessment, dan lain-lain. Semangat peserta dan panitia terlihat  sebagaimana foto-foto di bawah ini: (red-ch)

 

Skip to content