Tulungagung Memborong Penghargaan dari Menteri Agama RI

Kontributor:

Jakarta – Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) FGD Kelulusan Ujian Masuk PTKIN Tahun 2020 pada Jumat (21/08/2020). Acara ini dihadiri oleh para rektor/ketua dari 58 PTKIN di Indonesia. Dalam acara ini juga dilakukan penganugerahan kepada PTKIN dengan Pendaftar Tertinggi SPAN-PTKIN dan PTKIN dan Pendaftar Tertinggi UM-PTKIN, serta kepada kepala daerah yang dinilai memiliki kepedulian dan kebijakan yang memihak kepada Pendidikan Islam di daerahnya.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Fachrul Rozi, Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, dan Direktur PTKI, Arskal Salim, serta para rektor/ketua dari 58 PTKIN di Indonesia. Secara khusus panitia juga mengundang beberapa kepala daerah yang dianggap peduli terhadap pendidikan agama islam. Kepala daerah tersebut yakni Bupati Tulungagung,  Walikota Palembang, Bupati Jember dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang menerima penghargaan sebagai Gubernur yang menangani Covid-19 dengan pendekatan spiritual selain protokol kesehatan.


Pada sesi penghargaan nama Tulungagung disebut sebanyak tiga kali, dua penghargaan untuk IAIN Tulungagung dan satu penghargaan untuk Bupati Tulungagung. Ketiga penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Menteri Agama dalam forum tersebut.

Berikut penghargaan yang diraih Tulungagung:
1.    IAIN Tulungagung menjadi perguruan tinggi Pendaftar Tertinggi UM-PTKIN 2020 kategori IAIN peringkat ke-1 Se-Indonesia dengan jumlah peminat sebanyak 13.993 pendaftar.
2.    IAIN Tulungagung menjadi perguruan tinggi Pendaftar Tertinggi SPAN-PTKIN 2020 kategori IAIN peringkat ke-3 se-Indonesia dengan jumlah peminat sebanyak 10.737 pendaftar.
3.    Bupati Kabupaten Tulungagung meraih penghargaan sebagai Kepala daerah Yang Peduli Terhadap Pendidikan Agama Islam. Penghargaan ini didasarkan pada peringkat pendaftar UM-PTKIN kategori Kabupaten/Kota, di mana Kabupaten Tulungagung menempati posisi kedua sebagai Kabupaten dengan pendaftar terbanyak se-Indonesia

Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin mengaku bersyukur dengan raihan jumlah pendaftar tersebut. Karena dengan hal tersebut menunjukkan bahwa IAIN Tulungagung memiliki progres dalam perkembangannya.
 
“penghargaan ini sangat berarti bagi keluarga besar IAIN Tulungagung. Raihan penghargaan ini kami harap bisa menjadi pelecut semangat untuk lebih maju serta melakukan pembenahan yang lebih baik di segala lini,” imbuh Maftukhin.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Abd Aziz, yang turut hadir dalam acara ini menyampaikan bahwa peminat kuliah di IAIN Tulungagung terus meningkat dari tahun ke tahun dan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak di IAIN Tulungagung.

”Jika dibandingkan dengan pendaftar tahun lalu di jalur UM-PTKIN, jumlah pendaftar IAIN Tulungagung mengalami peningkatan sebesar 11,4%. Kenakan ini juga mengatrol peringkat pendaftar PTKIN terbanyak jalur UM-PTKIN yaitu dari tahun lalu di peringkat kesebelas menjadi peringkat kedelapan.” tutur Abd. Aziz.(lil/yuz)

Skip to content