UIN SATU Tulungagung Kukuhkan Guru Besar Teknologi Pembelajaran

Kontributor:

Tulungagung – Rabu pagi (21/06/2023), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) mengukuhkan satu lagi guru besarnya. Kali ini adalah guru besar dalam bidang ilmu Teknologi Pembelajaran, Prof. Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I. yang merupakan guru besar ke-23 UIN SATU Tulungagung.
Dilaksanakan di Aula Lantai 6 Gedung KH Arief Mustaqiem UIN SATU Tulungagung, acara pengukuhan ini dihadiri oleh salah satu anggota Komisi IX DPR RI, Forkopimda Kabupaten Tulungagung, Sekretaris Daerah Kabupaten Trenggalek, beberapa tokoh masyarakat, pejabat dan karyawan UIN SATU Tulungagung, beberapa pejabat dari perguruan tinggi keagamaan Islam terdekat, serta tamu undangan lainnya.

Upacara pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Acara kemudian dibuka oleh Sekretaris Senat UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. Syamsun Ni’am, M.Ag., dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh salah satu dosen UIN SATU Tulungagung, Ahmad Saddad, M.Ag.. 
Seremoni dilanjutkan dengan do’a yang dipimpin oleh Dr. KH. Asmawi Mahfudz, M.Ag., dan pembacaan surat keputusan pengangkatan guru besar Teknologi Pembelajaran.
Setelah pembacaan surat keputusan, acara dilanjutkan dengan film dokumenter tentang kisah hidup  Abd. Aziz yang berjudul “Si Doel Tukang Profesor”. Film dokumenter tersebut menceritakan kisah hidup Abd. Aziz mulai dia kecil hingga jabatan akademik tertingginya sebagai guru besar dia dapatkan.
Seusai penayangan film dokumenter, acara dilanjutkan dengan pidato pengukuhan yang disampaikan oleh Abd. Aziz yang berjudul “Transformasi Pembelajaran dan Kontek Keberagamaan: Mengoptimalisasi Potensi Digitalisasi Pendidikan Pasca Pandemi." Dalam pidato pengukuhan tersebut Abd. Aziz kurang lebih ingin menyampaikan perihal situasi pendidikan di masa pandemi di mana proses belajar mengajar dilakukan secara online atau akrab disebut dengan daring menggunakan berbagai platform yang ada mulai dari zoom meeting, google meet, dan lain sebagainya.
Dalam salah satu bagian penjelasannya, Abd. Aziz menyebutkan bahwa hal tersebut sebenarnya merupakan potensi, di mana akses informasi dan model pembelajaran tak lagi dibatasi oleh ruang atau tempat, melainkan di mana pun proses belajar mengajar bisa dilakukan. 
Namun tak hanya itu saja, hal-hal negatif yang ada di dunia maya pun juga dengan mudah diakses oleh semua orang, bahkan di pelosok. Artinya kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini bisa jadi merupakan potensi yang perlu dioptimalkan namun juga menjadi ancaman.
“Namun ancaman tersebut tidak bisa dihindari, namun kita harus menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi ini, sehingga bisa memberikan sesuatu hal yang positif dalam pendidikan,” kata Abd. Aziz.
Setelah pidato pengukuhan upacara pengukuhan dilanjutkan dengan prosesi pengukuhan yang ditandai dengan pemakaian shamir guru besar oleh Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. kepada guru besar yang dikukuhkan, Prof. Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I.. Setelah itu dilakukan juga penyerahan SK guru besar dari Rektor kepada guru besar yang dikukuhkan.
Seusai prosesi pengukuhan, dalam sambutannya, Rektor mengucapkan selamat dan sukses kepada Abd. Aziz atas pengukuhannya sebagai guru besar. Rektor juga menyampaikan harapannya supaya dengan bertambahnya guru besar yang ada bisa membawa kemajuan bagi UIN SATU Tulungagung.
Di bagian lain, menanggapi apa yang disampaikan oleh Abd. Aziz dalam pidato pengukuhannya, Rektor menyinggung soal perubahan. Sebagaimana yang disampaikan oleh guru besar yang dikukuhkan, Rektor juga menyebut bahwa perubahan memang tidak bisa dihindari. Dan dalam soal digitalisasi, UIN SATU Tulungagung beberapa tahun ini sudah mengembangkan sistem digitalisasi kampus yang disebut dengan Smart Campus. 
Program ini selain dilakukan dengan pembuatan aplikasi juga dilakukan penyediaan fasilitas pendukung, termasuk disediakannya Smart TV sebagai media pembelajaran.
“Oleh karena itu saya berharap dosen di UIN SATU Tulungagung menjadi smart. Sehingga bisa membawa kemajuan bagi kampus ini,” kata Rektor.
Seusai sambutan Rektor, acara kemudian ditutup oleh Sekretaris Senat UIN SATU Tulungagung dan dilanjutkan dengan ucapan selamat dari hadirin kepada guru besar yang dikukuhkan dilanjutkan dengan ramah tamah. 
Upacara pengukuhan guru besar bidang ilmu Teknologi Pembelajaran juga dapat disaksikan di Channel Youtube SATU Televisi.(*)
Skip to content