Wisuda ke-36: UIN SATU Tulungagung Mewisuda 1.500 Lulusan

Kontributor:

Tulungagung – Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU Tulungagung) mewisuda 1500 lulusan pada Wisuda ke-36 Sabtu pagi (26/08/2023).
 
Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. H. Ahmad Muhtadi Anshor, M.Ag. menyampaikan bahwa 1.500 wisudawan dan wisudawati tersebut terdiri dari 1.376 orang dari Program Sarjana (S-1), 123 orang dari Program Magister (S-2), dan 1 orang dari Program Doktor (S-3).
 

1.376 orang wisudawan dan wisudawati Program Sarjana tersebut terdiri atas 316 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), 144 orang dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH), 580 orang dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), dan 336 orang dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD). 123 orang wisudawan dan wisudawati dari Program Magister tersebut berasal dari 14 Program Studi, dan 1 orang dari Program Doktor di Pascasarjana UIN SATU Tulungagung.


Adapun mewakili segenap jajaran pimpinan di UIN SATU Tulungagung, Wakil Rektor mengucapkan selamat kepada segenap wisudawan dan wisudawati.

“Semoga ilmu yang saudara peroleh di perguruan tinggi ini senantiasa mendapatkan keberkahan dan bermanfaat. Amin ya Rabbal Alamin,” kata Wakil Rektor.

Setelah laporan dari Wakil Rektor acara dilanjutkan dengan sambutan wakil wisudawan dan wisudawati yang dalam hal ini diwakili oleh Ina Thoriqotul Muroqobah dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Dalam sambutan tersebut, dia mewakilwisudawan dan wisudawati menyampaikan ucapan terimakasih kepada segenap sivitas akademika UIN SATU Tulungagung terutama para dosen yang telah membimbing mereka guna menuntut ilmu di UIN SATU Tulungagung.

“Terimakasih, karena kami tidak hanya didikte untuk mencari nilai, tapi dididik untuk menjadi manusia yang bernilai,” kata peraih medali emas lomba da’i putri pada Olimpiade Agama, Sains, dan Riset (OASE) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) 2023 ini.

Tak lupa, mewakili segenap wisudawan dan wisudawati, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada para orang tua wisudawan dan wisudawati yang telah memberikan do’a dan restunya sehingga mereka berhasil menyelesaikan studi dengan sebaik-baiknya di UIN SATU Tulungagung sehingga dapat diwisuda pada hari ini.

Sementara itu, Rektor UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. dalam sambutan dan arahannya menyampaikan bahwa selama ini para wisudawan telah mendapatkan berbagai macam pengetahuan dan ilmu dari kampus UIN SATU Tulungagung melalui para dosen dan guru besar yang ada. Diharapkan ilmu yang mereka dapat dapat dikembangkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Rektor juga menjelaskan bahwa sebagaimana empat tahun lalu dari sekian wisudawan dan wisudawati diserahkan oleh orang tua wali kepada UIN SATU Tulungagung untuk dibina dan dididik di UIN SATU Tulungagung. Dan kini setelah mereka menyelesaikan studinya maka diserahkan kembali kepada orang tua wali masing-masing dalam upacara wisuda tersebut.

“Namun jika di S-1 dirasa belum cukup, maka sebaiknya diserahkan lagi ke kami untuk kuliah di S-2,” kata Rektor.

Hal tersebut karena di UIN SATU Tulungagung sudah banyak program studi untuk program magister atau S-1, termasuk untuk bidang Matematika dan Bahasa Inggris.

Selain itu hari ini UIN SATU Tulungagung juga telah berhasil mengirimkan satu orang mahasiswinya untuk berkesempatan belajar di Amerika Serikat. Ditambah lagi dalam waktu dekat salah satu dosen dari Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) akan berangkat ke Italia untuk belajar di sana.

Di akhir sambutannya Rektor mengucapkan terimakasih kepada segenap wali wisudawan dan wisudawati yang hadir atas kepercayaan mereka kepada kampus UIN SATU Tulungagung untuk mendidik putra putri mereka.

Setelah sambutan dari Rektor acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi pemindahan kucir para wisudawan dan wisudawati yang dilakukan secara langsung oleh Rektor UIN SATU Tulungagung.

Di akhir acara, sebelum prosesi dibubarkan, dalam suasana bulan Agustus dimana bulan HUT Kemerdekaan RI yang ke-78 dengan diiringi oleh paduan suara SATU Voice, wisudawan dan wisudawati bersama-sama menyanyikan lagu "Gebyar-gebyar" karya almarhum Gombloh sebagai ungkapan syukur dan merayakan HUT Kemerdekaan RI. Dalam menyanyikan lagu tersebut mereka mengibarkan bendera merah putih kecil yang mereka bawa dari rumah.

Adapun selengkapnya upacara wisuda ke-36 ini selengkapnya juga bisa disaksikan di Channel Youtube SATU Televisi. (*)

 
Skip to content