Desc Ushuluddin

Kontributor:

Jurusan ini berfungsi untuk menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional, yang bertujuan untuk membentuk Sarjana Teologi Islam, yang memiliki keahlian dalam bidang Akidah Islam dan Dasar-dasar Islam, dengan keahlian khusus dalam bidang Tafsir Hadits.

Visi

Terwujudnya alumni yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mampu mengembangkan ilmu pengetahuan tentangtafsir hadits, akidah-filsafat, dan tasawuf-psikoterapi, serta mampu melakukan pembacaan atas karya-karya klasik secara kontekstual.

 

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang ilmu-ilmu keislaman yang berorientasi pada penguasaan dan pengembangan wawasan bidang ilmu pokok-pokok agama dengan kekhususan tafsir hadits, akidah-filsafat, dan tasawuf-psikoterapi untuk merespon berbagai perubahan sosial keagamaan di masyarakat.
  • Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu-ilmu keislaman bidang ilmu pokok-pokok agama berbasis tafsir hadits, akidah-filsafat, dan tasawuf-psikoterapi berikut pengembangannya dalam merespon perubahan sosial di masyarakat.
  • Merespon pemikiran-pemikiran Islam baru yang memiliki tingkat relevansi dengan perubahan dan perkembangan sosial dan keagamaan di era modern.

Tujuan

  • Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan professional dalam bidang ilmu-ilmu keislaman berbasis ilmu tafsir hadits, akidah-filsafat, dan tasawuf-psikoterapi.
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan ilmu-ilmu keislaman berbasis tafsir hadits, akidah-filsafat, dan tasawuf-psikoterapi, serta mengupayakan penerapannya untuk mewujudkan tatanan sosial dan keagamaan yang harmonis di masyarakat.
Skip to content