Rektor Lantik 7 PPPK Formasi Tahun 2023, Beri 3 Pesan : Bestie, Chemistry, dan Silaturahmi!

Kontributor:

Tulungagung—Rektor Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. melantik 7 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) formasi tahun 2023 pada Senin (22/04/2024). Pelantikan berlangsung secara hybrid, dengan diawali prosesi pembukaan dari Kantor Pusat Kementerian Agama, Jakarta.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan pengarahan pada Penyampaian Surat Keputusan Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Jabatan PPPK Kementerian Agama Formasi Tahun 2023. Mereka berasal dari satuan kerja Kemenag se-Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat atas pelantikan PPPK, baik pusat maupun daerah. Perjuangan saudara berada di sini merupakan ikhtiar yang luar biasa,” pesan Sekjen.

Sekjen mengajak kepada seluruh PPPK untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan serta berterima kasih kepada orang-orang yang luar biasa yang telah menjadi wasilah.

“Saya ingin mengajak kita semua untuk mensyukuri nikmat, bahwa saudara adalah satu dari ribuan orang yang dilantik, dan Allah berjanji bahwa orang yang mensyukuri nikmat akan ditambah kenikmatannya oleh Allah swt. Dan berterima kasihlah kepada orang yang luar biasa, yang menjadi wasilah. Berterima kasih kepada presiden Jokowi, kepada Menag, dan orang-orang yang dilibatkan,” ajak Sekjend.

“Kemenag dengan kekuatan aparatur yang besar dapat menghadirkan pelayanan dasar, seperti layanan bimbingan bersyarat, layanan haji, layanan keagamaan, layanan KUA, serta layanan yang ada harus terjamin,” harap Sekjend.

Sekjend yang akrba disapa Pak Dani tersebut juga berpesan, pegawai yang sudah dilantik agar tidak menyia-nyiakan kesempatan mengabdi serta menjadi ASN yang smart, nasionalis, dan memiliki wawasan global, serta keterampilan informasi yang dilengkapi oleh akses.

“Selamat bergabung, semoga menjadi amal jariah yang tidak terputus. Teruslah memberikan yang terbaik bagi nusa dan bangsa,” tutur Sekjen mengakhiri sambutan.

Setelah selesainya acara pembukaan secara terpusat dari Jakarta, acara dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah. Pada kesempatan ini, Rektor melantik PPPK Formasi Tahun 2023. Dalam arahannya Rektor berpesan 3 hal. Pertama, Rektor mengajak kepada yang telah dilantik untuk menjalin pertemanan.

“Saya ucapkan selamat datang di UIN SATU Tulungagung, di belantara hutan baru. Saudara harus bisa memilah dan memilih bergaul, berinteraksi dengan siapa yang tepat,” pesan Rektor.

Rektor menganalogikan, penempatan PPPK yang baru dilantik itu seperti memasuki sawah atau ladang baru yang di dalamnya terdapat peraturan yang harus ditaati.

Kedua, Rektor mengajak untuk membangun chemistry di lingkungan UIN SATU Tulungagung.

“Bagaimana saudara termotivasi untuk mengembangkan karier di sini, bagaimana saudara bisa berinovasi di UIN SATU. Bagaimana saudara bisa memilih yang bisa dijadikan panutan oleh saudara,” tutur Prof. Abd. Aziz.

Ketiga, Rektor mengajak untuk menjalin silaturahmi.

“Saudara perlu bersyukur, bahwa ini adalah ladang sawah saudara, piring saudara yg di sini ada makanannya, jangan sampai meludah di piring saudara sendiri. Membanding-bandingkan dengan instansi sebelumnya,. Saudara di takdirkan di sini, bagaimana berinovasi, taati aturan kode etiknya,”

Di akhir pengarahannya, Rektor meniatkan dengan baik pekerjaan yang dilakukan demi kemajuan bangsa Indonesia.

“Jangan khawatir kita niatkan dengan baik dan kita syukuri dalam rangka untuk memajukan dan ikut mangayu bagyo (membangun) negara Indonesia,” ucap Rektor.

Turut menjadi saksi dalam penandatanganan berita acara, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Abad Badruzaman, Lc., M.Ag. dan Kepala Biro AUPK, Dr. H. Husnul Marom, M.H.I.

Tampak hadir dalam pelantikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama, para Dekan dan Wakil Dekan, dan para Kepala Bagian dan Kepala Subbagian.

Skip to content