Bedah Buku Filsafat Ilmu

Kontributor:

Rabu, 28 Nopember 2012 bertempat di Lt. III Rektorat, STAIN Tulungagung menggelar acara Bedah Buku “Filsafat Ilmu: Kajian atas Asumsi Dasar, Paradigma, dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan” Karya Mohammad Muslih, M.Ag dengan pembanding Dr. Happy Susanto, MA (foto sebelah kanan) dari ISID Gontor Ponorogo. Acara ini dipandu oleh Dr. Ngainu Naim, M.HI (foto sebelah kiri), Kaprodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Pascasarjana STAIN Tulungagung.

Tujuan Bedah Buku karya M. Muslih, M.Ag (foto paling kiri), untuk menggairahkan tradisi menulis karya ilmiah sebagai tradisi intelektual kampus. Hal ini sebagaimana yang diungkap Ketua STAIN Tulungagung (Dr. Maftukhin, M.Ag-foto tengah) dalam sambutannya yang menyatakan bahwa melalui bedah buku Filsafat, dimana filsafat adalah sebagai induknya semua ilmu pengetahuan, diharapkan mampu memberikan atmosfir akademik dosen di kampus STAIN Tulungagung menjadi semakin luas. Tidaklah harus Filsafat Islam atau buku yang bertendensi Islam, melainkan buku apapun bisa di bedah, karena pada hakekatnya pada aspek akademik yang diperdebatkan bukan pada aspek ideologi yang diimplementasikan.

Acara ini dihadiri sekitar 100 Dosen STAIN Tulungagung dari berbagai disiplin ilmu yang meliputi tiga jurusan, yaitu: Tarbiyah, Syari’ah dan Ushuluddin, sebagaimana yang disampaikan ketua penyelenggara, Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I (Kajur Tarbiyah-foto paling kanan). Terlihat partisipasi aktif para dosen dalam mengajukan berbagai pertanyaan dalam diskusi tindak lanjut dan juga kemampuan berpikir mendalam sebagaimana upload dalam gambar dibawah ini. (red-ch)

      

Skip to content