Workshop PKG-PAI Wilayah Tulungagung-Blitar-Trenggalek

Kontributor:

Senin, 24 Desember 2012, Jurusan Tarbiyah STAIN Tulungagung menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru PAI (PKG-PAI) wilayah Tulungagung-Blitar-Trenggalek. Acara ini merupakan langkah awal dari serangkaian program PKG-PAI, yaitu program “In” yang pertama yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 24-26 Desember 2012 di Barata Hall Convention Tulungagung dengan jadwal yang padat, mulai pukul 07.00-23.00 WIB dengan total 32 jam pelajaran.

Pembukaan Workshop ini dihadiri oleh PK I, PK III STAIN Tulungagung, Kasi Mapenda dari Tulungagung dan Trenggalek dengan peserta berjumlah 160 guru PAI dengan rincian 120 Guru PAI dari SD dan 40 Guru PAI dari SMA. Tepat pukul 09.00 WIB Workshop PKG-PAI dibuka oleh Pembantu Ketua I STAIN Tulungagung Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag.

Penyelenggaraan PKG-PAI ini dilaksanakan dengan dasar penyelenggaraan Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2010 tentang Percepatan Pembangunan Nasional Program Pendidikan dan Instruksi Presiden RI dan PP Nomor 55 Tahun 2007 serta sesuai dengan Peraturan Menteri Agama No. 16 Tahun 2010

Adapun tujuan penyelenggaraan PKG-PAI sebagaimana disampaikan ketua panitia penyelenggara Dr. Abd. Aziz, M.Pd.I, adalah untuk: 1) Meningkatkan skill guru PAI dalam konteks pelaksanaan pembelajaran, 2) Meningkatkan kemampuan dan wawasan guru terhadap content/materi PAI, dan 3) Meningkatkan kemampuan guru PAI dalam menciptakan budaya sekolah (kultur sekolah) yang kondusif.

Selanjutnya, hasil dari workshop ini akan dilanjutkan dalam program “Out”, yakni Program Praktek Lapangan Pembuatan Produk. Sedangkan sebagai evaluasi adalah program ‘In” kedua.

Keseriusan dan antusiasme peserta terlihat dalam setiap sesi materi yang disampaikan oleh narasumber, yang terbagi menjadi 5 kelas sebagaimana foto-foto yang telah terdokumentasikan berikut di bawah ini. (red-ch).

Skip to content